11 Penyakit Mematikan Akibat Merokok

WEBIslami.com – Ada banyak sekali bahaya yang ditimbulkan oleh sebatang rokok. Apa saja penyakit mematikan akibat merokok yang dapat mengancam nyawa Perokok?

Pada dasarnya terdapat nash dalam Hukum Islam yang masih bersifat umum jadi patokan hukum dalam Islam, yakni larangan melakukan sebuah perbuatan yang dapat membawa kerusakan, kemudaratan atau juga kemafsadatan sebagaimana termaktub di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai berikut:

Al-Qur’an :

وَلاَ تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ. البقرة: 195


Artinya : “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang berbuat baik”
. (Al-Baqarah: 195)

As-Sunnah :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ. رواه ابن ماجه, الرقم: 2331

Artinya : “Dari Ibnu ‘Abbas R.A, ia berkata ; Rasulullah SAW. bersabda: Tidak boleh berbuat kemudaratan (pada diri sendiri), dan tidak boleh berbuat kemudaratan (pada diri orang lain). (H.R. Ibnu Majah, No.2331)

Bersumber dari dua dalil di atas, Para ulama sepakat mengenai segala macam yang dapat membawa kepada mudarat adalah haram. Namun, yang menjadi persoalan sekarang adalah apakah merokok itu membawa kepada kemudharatan ataukah tidak, dan juga terdapat pula manfaat ataukah tidak.

Hukum Merokok dalam Islam Menurut Fiqh Aswaja.

  1. Hukum merokok itu adalah mubah ataupun boleh, karena rokok itu dipandang tidak membawa mudharat. Secara tegas dapat dikatakan, bahwa hakikat daripada rokok bukanlah benda yang memabukkan.
  2. Hukum merokok itu adalah makruh, karena rokok membawa mudharat relatif kecil yang tidak signifikan untuk dijadikan dasar hukum haramnya merokok.
  3. Hukum merokok itu adalah haram, karena rokok secara mutlak dipandang dapat membawa kepada banyak kemudharatan. Hasil penelitian medis, bahwa merokok itu dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dalam yang sangat mematikan.

Rokok merupakan salah satu sumber penyakit nomor satu di dunia ini, banyak Akibat merokok yang ditimbulkan dan dapat merusak kesehatan. Apa saja akibat yang dapat ditimbulkan dari merokok?

Inilah 11 Penyakit Mematikan Akibat Merokok

Rokok mengandung berbagai zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti nikotin, tar, dan zat kimia bahaya lainnya, bahkan rokok juga dapat menimbulkan berbagai penyakit mematikan bagi perokok aktif juda perokok pasif. Apa saja penyakit yang dapat ditimbulkan dari rokok?

  1. Kanker paru-paru

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ternyata 90% penyebab penyakit kanker paru-paru adalah rokok. Hal ini disebabkan karena asap rokok dapat masuk ke dalam paru-paru sehingga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel yang ada dalam paru-paru menjadi abnormal. Telah diperkirakan bahwa 10% dari perokok sedang dan 20% dari perokok berat akan meninggal karena kanker paru-paru.

  1. Kanker kandung kemih

Dalam satu batang rokok mengandung senyawa berbahaya yaitu 2-naphthylamine dalam kadar yang cukup tinggi. Senyawa berbahaya ini dapat berperan sebagai karsinogen yang dapat memicu munculnya kanker kandung kemih.

  1. Kanker payudara

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata wanita yang merokok sejak usia 20 tahun atau 5 tahun sebelum dia hamil memiliki resiko besar terserang kanker payudara yang dapat mematikan.

  1. Kanker serviks

Ternyata 30% dari kematian yang disebabkan oleh kanker serviks merupakan perokok. Wanita yang memiliki kebiasaan merokok lebih rentan terserang virus yang dapat menyebabkan infeksi dan menular pada organ seksual.

  1. Kanker kerongkongan

Asap rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya bagi tubuh dan dapat merusak esophagus sehingga dapat memicu terjadinya kanker kerongkongan.

  1. Kanker pencernaan

Sebagian besar asap rokok masuk ke dalam paru-paru tetapi sebagian lagi masuk ke dalam saluran pencernaan sehingga memicu timbulnya kanker pencernaan. Inilah salah Penyakit Mematikan Akibat Merokok.

  1. Kanker ginjal

Asap rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya seperti nikotin, tar, dan karbonmonoksida yang dapat mempengaruhi denyut jantung, tekanan darah, serta sirkulasi pernafasan. Karsinogen yang berhasil disaring keluar oleh ginjal dapat merusak sel-sel ginjal sehingga dapat mempengaruhi kerja ginjal serta dapat memicu timbulnya kanker ginjal.

  1. Serangan jantung

Nikotin yang terkandung dalam asap rokok mampu mempengaruhi kerja jantung yaitu jantung lebih cepat bekerja serta tekanan darah juga ikut naik. Sedangkan kandungan karbonmonoksida dalam asap rokok mengambil oksigen dalam darah sehingga kerja jantung semakin meningkat. Jika kerja jantung terlalu keras maka dapat memicu terjadinya serangan jantung.

  1. Impotensi

Bahaya merokok bagi manusia selanjutnya adalah impotensi. Kebiasaan merokok dapat menurunkan ereksi sekitar 50% bagi laki-laki yang berusia 30 hingga 40 tahun. Hal ini disebabkan karena nikotin yang ada dalam asap rokok mampu mempersempit aliran darah sehingga tekanan darah ke penis semakin berkurang dan menyebabkan impotensi.

  1. Aterosklerosis

Penyakit selanjutnya yang disebabkan oleh rokok adalah aterosklerosis. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin yang terdapat dalam asap rokok mampu mempercepat terjadinya penyumbatan pada arteri karena lemak yang terus menumpuk, sehingga muncul jaringan parut dan juga terjadi penebalan arteri yang dapat menyebabkan aterosklerosis.

  1. PPOK

PPOK merupakan kepanjangan dari penyakit paru obstrukstif kronik yang dapat membuat penderitanya sulit untuk bernafas. Dari studi yang telah dilakukan, ternyata 80% penyebab penyakit ini adalah rokok.

Baca Juga : 14 Bahaya Akibat Makan Mie Instan Tiap Hari

Itulah beberapa informasi seputar 11 penyakit akibat merokok yang dapat mengancam nyawa bagi penderitanya.