Arti Mimpi Menikah dan Berbagai Tafsirannya

WEBIslami.com – Arti mimpi menikah bisa berbeda satu sama lain, untuk itulah ada beberapa kondisi mimpi menikah dan tafsirannya yang sekiranya bisa membantu kita menelaah.

Arti mimpi menikah memiliki banyak tafsirannya yang bisa diartikan baik maupun buruk tergantung keadaan yang kita lihat di dalam mimpi. Terkadang mimpi menikah itu karena bawaan stres selama masa persiapan pernikahan kita yang akan dilangsungkan beberapa bulan kemudian. Tafsir mimpi sampai sekarang masih ada dan masih dipercaya oleh banyak orang, baik secara primbon Jawa atau secara ajaran muslim. Di sinilah kita akan menelaah satu per satu arti mimpi dan mungkin kita pernah memimpikan salah satu atau bahkan beberapa dari penjelasan yang akan dibagikan kali ini.

Dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda:

الرؤيا الصالحة من الله، والرؤيا السوء من الشيطان، فمن رأى رؤيا فكره منها شيئاً فلينفث عن يساره ثلاثاً، وليتعوذ بالله من الشيطان لا تضره، ولا يخبر بها أحداً، فإن رأى رؤيا حسنة فليبشر بها ولا يخبر إلا من يحب

Artinya: Mimpi yang baik itu dari Allah SWT, sedang mimpi buruk itu dari syaitan. Barangsiapa bermimpi buruk, kemudian meludah ke kiri (tanpa keluar air ludah) tiga kali serta mengucapkan ta’awwudz (yaitu, ucapan a’udzubillahi minasyaitanirrojim), maka syaitan tidak akan mengganggunya dan hendaknya tidak memberitahu siapapun. Dan barangsiapa yang bermimpi baik, maka bergembiralah dan jangan meberitahu kecuali pada orang yang kamu senangi. (H.R. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

الرؤيا ثلاثة، من الرحمن ومن الشيطان وحديث نفس

Artinya, mimpi itu ada tiga: dari Allah SWT, dari syetan dan dari diri sendiri.

Arti Mimpi Menikah dan Berbagai Tafsirannya pada Bermacam-macam Situasi

1. Mimpi sebagai Penghulu alias Menikahkan Seseorang

Mungkin ada beberapa dari kita yang pernah bermimpi bagaimana menjadi seorang penghulu atau dalam posisi kita yang menikahkan seseorang. Mimpi seperti ini bisa berarti bahwa kita akan mendapatkan kekayaan dan kemuliaan di mana harga diri pun jadi lebih tinggi. Mimpi ini memiliki arti baik dan diaminkan saja supaya kita bisa punya derajat yang lebih tinggi, baik dalam hal jabatan maupun soal harta dan semoga keberuntungan ini benar-benar terjadi.

2. Mimpi Memberikan Kekasih Hati Intan Perhiasan

Memang situasi seperti ini tidak termasuk di dalam kondisi pernikahan, tapi masih berhubungan dengan memilih pasangan. Mimpi seperti ini adalah pertanda supaya kita lebih waspada dalam memilih pasangan hidup. Mimpi ini menuntun kita supaya kita tidak menyesal di masa depan karena menikahi orang yang salah.

3. Mimpi Menikah dengan Pacar

Arti mimpi yang seperti ini malah biasanya kebalikannya. Mimpi menikah berarti dalam kehidupan nyata kemungkinan malah menghadapi masalah dalam percintaan. Arti mimpi menikah menurut Islam bisa juga malah bermasalah dengan pacar atau malah bisa-bisa putus. Hanya saja boleh diingat bahwa di dalam Islam tidak ada pacaran karena hal ini merupakan salah satu hal yang tidak dikenan Allah sebab pacaran sama dengan kita mendekati zina.

4. Mimpi Melihat Anak Kecil Sudah Menikah

Ini menandakan bahwa kita mungkin akan mendapat masalah dalam beberapa hari ke depan, atau bisa juga masih beberapa bulan atau tahun mendatang. Lebih waspadalah setelah mendapatkan mimpi seperti ini dan lebih baik tidak menceritakan hal mimpi ini kepada orang lain supaya kita sendiri tidak mendengar tafsir buruk yang dikatakan oleh orang lain tersebut.

5. Mimpi Menikah dengan Pria atau Wanita yang Kita Tidak Kenal

Arti mimpi menikah dengan orang yang tidak dikenal bisa jadi pertanda buruk bagi yang memiliki mimpi tersebut. Tidak tahu persis apa hal buruk tersebut, tapi sebaiknya selalu waspada dan hati-hati dalam melakukan apapun supaya jauh dari kesialan atau keburukan.

6. Mimpi Hadir dalam Acara Pernikahan Seseorang

Mimpi menghadiri sebuah pernikahan, apalagi kalau yang bermimpi hal ini adalah seorang wanita yang sudah menikah atau seorang istri, maka ada keberuntungan besar yang akan didapatkan oleh sang suami, entah itu kekayaan atau kemuliaan, atau justru malah keduanya.

7. Mimpi Menikah Lagi

Bagi yang sudah menikah, tapi malah justru bermimpi bahwa ia menikah lagi, jangan khawatir karena itu tandanya ada kesibukan yang bertambah-tambah di kemudian hari. Kesibukan ini bisa jadi karena bisnis atau pekerjaan yang kita jalankan nantinya, tapi juga bisa berarti ada hubungannya dengan orang lain.

Baca Juga : Doa Orang Teraniaya Dan Terzalimi Dalam Al-Qur’an

Mimpi menikah memang kelihatan baik tapi artinya tidaklah selalu baik, tergantung dari situasi di dalam mimpi tersebut. Semoga dengan adanya telaah di atas, kita bisa lebih tahu bahkan soal arti mimpi menikah dengan pacar menurut Islam.