Bacaan Doa Bangun Tidur dan Maknanya

Doa Bangun Tidur adalah bacaan wajib yang harus Anda ucapkan setelah bangun di pagi hari. Lakukan aktivitas yang bermanfaat setelah bangun tidur jangan langsung cek gadget.

Sudahkah Anda membaca Doa bangun tidur setelah bangun dari tidur? Sekarang ini banyak orang yang lupa membaca doa sebelum maupun setelah tidur. Kebanyakan dari mereka justru lebih memilih melihat gadget ketika akan tidur maupun setelah bangun tidur untuk mengecek akun sosial media dan melupakan doa setelah bangun tidur. Padahal, Rasulullah mengajarkan bahwa setelah bangun tidur harus berdoa dan bersyukur karena sudah diberikan kesempatan untuk bisa bangun lagi. Namun kita sebagai orang Muslim, justru lebih memilih membuka gadget dibandingkan berdoa sebelum dan sesudah tidur.

Arti dan Makna Bacaan Doa Bangun Tidur

Sebagai umat Islam pasti sudah hafal bukan dengan bacaan doa bangun tidur? Doa yang sudah diajarkan pada kita sejak usia dini ini pasti sudah Anda hafal di luar kepala.  Namun begitu, sudahkah Anda mempraktekkannya dengan membaca doa ini setiap bangun dari tidur? Doa setelah bangun tidur ini bukan sebuah doa karena jika ditelisik lebih dalam, karena ada kandungan makna yang sangat besar untuk kehidupan kita di dunia ini. Kebanyakan dari kita hanya menghafal doanya saja namun tidak menghafalkan dan menghayati maknanya. Penghayatan ini sebenarnya sangat penting agar kita tahu apa sebenarnya isi dari doa ini dan bisa mengambil pelajaran dari dalamnya.

Coba kita perhatikan Bacaan doa bangun tidur:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Alhamdulillahilladi Ahyana Ba’dama Amatana Wailaihin Nuzur.”

Yang artinya segala puji bagi Tuhan yang telah mematikan kami dan telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan hanya kepada-Nya lah tempat kami kembali.

Jika diamati, doa setelah tidur ini tidak hanya mengungkapkan rasa syukur saja tapi mengandung makna sosial di dalamnya. Dalam doa ini ditegaskan bahwa sebagai manusia kita hidup secara sosial dan tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini ditunjukkan pada kata “ahyana” yang merujuk pada bentuk jamak dari arti kata kami, sehingga makna ini cukup menegaskan bahwa manusia selama hidupnya tidak bisa hidup sendirian.

Kegiatan yang Baik Setelah Bangun Tidur

Rasulullah tidak hanya mengajarkan kita untuk berdoa setelah bangun tidur tapi juga memberikan contoh aktivitas yang baik setelah bangun tidur. Aktivitas yang dicontohkan oleh Rasulullah setelah bangun tidur yaitu:

1. Berdoa

Aktivitas Rasulullah yang pertama kali dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari adalah membaca doa. Bacaan Doa bangun tidur yang diajarkan Rasulullah seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu “Alhamdulillahilladi Ahyana Ba’dama Amatana Wailaihin Nuzur.”

2. Mengusapkan tangan pada wajah setelah bangun

Kebiasaan Rasulullah yang kedua setelah bangun tidur adalah mengusapkan tangannya pada seluruh wajah. Rasulullah mengusapkan tangannya pada wajah agar kantuk yang masih menyerang bisa hilang. Anda bisa mempraktekkannya setelah bangun tidur, di jamin rasa kantuk Anda akan segera digantikan dengan rasa segar karena rasa kantuk di pagi hari adalah godaan setan.

3. Menggosok gigi

Kebiasaan Rasulullah yang lainnya setelah bangun tidur adalah menggosok gigi atau pada waktu itu sering disebut dengan bersiwak. Nah, jika biasanya Anda sering menggosok gigi sesudah sarapan, maka lakukanlah anjuran Rasulullah untuk menggosok gigi setelah bangun tidur. Menggosok gigi setelah bangun tidur juga sangat dianjurkan oleh para dokter gigi karena menggosok gigi sesudah bangun tidur akan mencegah timbulnya plak dan pengikisan pada gigi.

4. Instinsar

Instinsar adalah menghirup atau membasuh bagian dalam hidung untuk mengeluarkan kotoran di dalamnya. Rasulullah melakukan instinsar sebanyak tiga kali setiap bangun tidur, hal ini bertujuan agar setan yang bersarang dalam hidung selama kita tidur bisa hilang. Lebih baik jika Anda sekaligus berwudhu setelah bangun tidur.

5. Mencuci telapak tangan

Kebiasaan lainnya yang dilakukan oleh Rasulullah setelah bangun tidur adalah mencuci dua telapak tangannya dengan menggunakan air yang mengalir. Tuntunan Rasulullah ini juga tertuang dalam sebuah hadis yang mengatakan bahwa setelah bangun tidur seseorang tidak boleh memegang air suci sebelum mencucinya terlebih dahulu dengan menggunakan air yang mengalir.

Aktivitas yang dicontohkan oleh Rasulullah ini juga disarankan oleh para ahli kesehatan di dunia karena mempunyai manfaat yang baik. Selain aktivitas seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah, ada kebiasaan baik setelah bangun tidur yang wajib Anda lakukan, yaitu:

1. Segerakan Bangun

Jangan menunda untuk bangun tidur karena akan membuat hari Anda menjadi lesu dan tidak bersemangat. Ketika bangun pagi segerakan untuk membuka mata dan jangan biarkan menundanya walau 5 menit saja. Jika Anda menunda bangun walau hanya 5 menit, otak Anda akan berpikir bahwa Anda hanya menunda selama 5 menit padahal lebih, akibatnya Anda akan merasa malas dan menguap seharian.

2. Minum air putih

Kebiasaan baik lainnya setelah bangun tidur adalah meminum satu gelas air putih. Selama tidur, tubuh kekurangan cairan sehingga membuat tubuh menjadi lemah, bahkan tidak hanya tubuh saja tapi keadaan mental kita juga lemah. Satu gelas air putih bisa membantu menambah cairan dalam tubuh setelah bangun tidur dan bisa membuat badan menjadi segar kembali. Selain itu, ketika tidur mulut menghasilkan enzim yang bagus untuk tubuh. Dengan minum air putih enzim ini akan masuk dalam tubuh dan membantu menjaga kesehatan tubuh.

3. Melakukan olahraga kecil

Olahraga di pagi hari setelah bangun tidur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Aktivitas olahraga di pagi hari bisa membuat aliran darah menjadi normal dan membuat semua sistem dalam tubuh berfungsi dengan normal. Olahraga juga bisa membuat Anda lebih berenergi sehingga aktivitas harian Anda bisa berjalan dengan lancar. Melakukan olahraga juga bisa membuat orang lebih bahagia dan membuat hidupnya lebih bersemangat.

4. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga jangan lewatkan untuk berjemur di pagi hari selama kurang lebih 15 menit. Kandungan vitamin E dan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari bisa membantu pertumbuhan tulang dan menyehatkan kulit. Jika Anda mempunyai anak yang masih balita atau masih bayi, Anda bisa menjemurnya di pagi hari agar tulangnya menjadi kuat.

5. Pandangi warna cerah agar bersemangat di pagi hari

Setelah bangun tidur di pagi hari, Anda sangat disarankan untuk memandang warna-warna yang cerah agar Anda bersemangat untuk memulai aktivitas harian Anda. Bukalah jendela kamar Anda agar kamar menjadi terang dan sinar matahari masuk. Anda akan merasa lebih segar dan bersemangat jika melihat benda dan cahaya yang cerah.

Baca Juga : Adab dan Doa Sebelum Makan Dalam Islam

Bagaimana, banyak bukan aktivitas yang baik setelah bangun tidur selain mengecek semua akun sosial media? Kebiasaan-kebiasaan baik ini tidak hanya dianjurkan oleh Rasulullah saja, tapi juga para ahli kesehatan modern saat ini. Para ahli kesehatan sangat tidak menganjurkan seseorang tidur berdampingan dengan gadget atau benda elektronik lainnya karena radiasinya bisa mematikan atau melemahkan kerja otak dan saraf tubuh. Sebaiknya, jauhkan gadget Anda dari tempat tidur agar Anda bisa tidur dengan nyenyak. Usahakan setengah jam sebelum tidur sudah tidak bermain gadget lagi. Jangan lupa untuk membaca doa sebelum tidur dan doa bangun tidur agar hidup selalu bermakna.