Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

WEBIslami.com – Doa belajar harus dipanjatkan sebelum ataupun sesudah belajar agar ilmu yang dipelajari bisa bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk kepentingan orang lain.

Doa belajar menjadi salah satu Doa yang paling dicari oleh umat Muslim sebelum melakukan kegiatan belajar. Sebagai umat Muslim tentu percaya dengan kekuatan doa karena Allah SWT akan selalu mendengarkan doa-doa setiap umatnya. Belajar termasuk salah satu perbuatan yang terpuji dan setiap perbuatan yang terpuji harus diawali dengan berdoa terlebih dahulu. Membaca doa sebelum dan sesudah belajar sangat dianjurkan karena dalam sebuah doa mengandung sebuah kekuatan atau energi positif yang bisa meningkatkan motivasi belajar.

Bacaan Doa belajar baiknya dipanjatkan sebelum dan sesudah belajar. Sebelum belajar, memanjatkan doa agar diberi ketenangan dan kelancaran dalam berpikir serta dimudahkan dalam menyerap ilmu yang sedang dipelajari. Sedangkan doa sesudah belajar merupakan wujud dari rasa syukur kita kepada Allah telah memberikan kemudahan dalam menyerap ilmu yang sudah dipelajari. Kedua doa ini saling terkait dan harus diamalkan agar ilmu yang dipelajari menjadi ilmu yang bermanfaat. Sangat penting memang membaca doa sebelum dan sesudah belajar karena manfaatnya yang sangat besar bagi diri kita.

Hadits Rasulullah SAW “Keutamaan Mencari Ilmu”

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah SWT hingga ia pulang”. (H.R. Turmudzi)

  Hadits Rasulullah SAW “Kewajiban dan Keutamaan Menuntut Ilmu”

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَىالْجَنَّةِ

Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah SWT memudahkannya ke jalan menuju surga”. (H.R. Turmudzi)

Beberapa manfaat dari berdoa sebelum dan sesudah belajar yaitu:

1. Menenangkan pikiran dan hati

Dengan berdoa pikiran dan hati akan merasa tenang dan semua yang dipelajari bisa masuk dengan cepat dan mudah diterima oleh otak. Kekuatan doa memang tidak bisa dipungkiri kehebatannya, karena efek dari doa sangat positif dan bisa merangsang sel otak untuk tenang dan bekerja secara maksimal selama menerima pembelajaran.

2. Otak akan selalu berpikiran yang positif

Karena ketenangan yang diberikan dari efek doa membuat pikiran menjadi positif dan tidak gundah. Orang yang belajar dalam keadaan pikiran positif akan lebih cepat menerima dibandingkan jika belajar dalam keadaan yang gusar atau gundah.

3. Mencerminkan sikap yang baik

Berdoa sebelum dan sesudah belajar merupakan salah satu cerminan sikap yang baik dari seorang Muslim. Hal ini sesuai dengan tuntunan yang diberikan oleh Rasulullah SAW yang selalu mengajarkan untuk berdoa sebelum melakukan segala kegiatan.

Sangat dahsyat bukan kekuatan dari sebuah doa? Sebelum dan sesudah belajar biasakanlah untuk membaca doa terlebih dahulu. Adapun doa sebelum belajar yaitu:

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا


“Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.”

Artinya: Kami memohon ridha Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama kami, dan Nabi Muhammad merupakan Rasul dan Nabi Allah, Ya Allah berikanlah padaku ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah pengertian yang baik kepada kami amin Ya Rabbal Alamin.

Selesai belajar juga harus memanjatkan doa sesudah belajar dan mengucapkan syukur kepada Allah telah diberikan kemudahan dalam belajar dan berharap bahwa ilmu yang dipelajari bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Adapun lafal Bacaan doa sesudah belajar yaitu:

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

“Allahuma arinal haqa hawan waruqtinabah, wa arinal bathila bathilan warzuqnaj tinabah.

” Arti dari doa ini adalah “Ya Allah tunjukkan pada kami kebenaran supaya kami bisa mengikutinya dan tunjukkan pada kami kejelekan supaya kami bisa menjauhinya.”

Selain lafal Bacaan doa ini, Anda juga bisa melafalkan doa sesudah belajar yang lainnya, yaitu:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahuma inni istaidi’uka ma alamtanih fardudhu ilaya ‘inda hajati ilaihi wala tansanihi ya rabbal alami.”

Arti dari doa sesudah belajar ini adalah “Ya Allah, sesungguhnya saya hanya menitipkan pada Mu apa yang sudah Engkau ajarkan padaku, maka kembalikanlah padaku ketika aku membutuhkan. Dan janganlah Engku buat aku melupakannya wahai Tuhan pemelihara alam.”

Bacaan Doa versi doa belajar untuk doa sesudah belajar sebenarnya sama saja, yaitu sama-sama memohon kepada Allah agar ilmu yang sudah dipelajari agar tidak hilang dan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat. Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar harus dilakukan sejak kecil, maka tanamkan pada anak untuk selalu meminta pertolongan kepada Allah dan petunjuk hanya kepada Allah. Dengan berdoa sebelum belajar ilmu yang akan dipelajari akan mudah dipahami dan masuk dengan mudahnya ke dalam otak dan tertanam di dalam hati.

Baca Juga : Doa Minum Air Zam Zam Sesuai Sunnah Nabi SAW