Bacaan Doa Sebelum Tidur Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

WebIslami.com – Bacaan Doa Sebelum Tidur Sesuai Tuntunan Rasulullah SAWmerupakan salah satu doa wajib yang sudah diajarkan sejak usia dini. Doa ini cukup sederhana hingga pengaplikasiannya seringkali dilupakan dan disepelekan ketika kita dewasa.

Apakah yang kamu lakukan sebelum tidur? Di zaman modern seperti sekarang ini, hal-hal yang kita lakukan sebelum tidur tentunya sudah berbeda dengan rangkaian kegiatan yang dulu dilakukan oleh orang tua kita. Jika dulu mereka tidak lupa berwudhu dan membaca Doa sebelum tidur menjelang waktu tidurnya, mungkin kamu justru sibuk berselancar di dunia maya.

Ada banyak perubahan terjadi semenjak hadirnya internet dan telepon genggam. Hampir semua orang memilikinya dan bisa menikmati kemudahan berkomunikasi jarak jauh. Namun ada juga dampak negatif lain yang akhirnya cukup merubah kebiasaan jadi kurang baik. Ketika hendak tidur misalnya, bukannya membaca bacan doa sebelum tidur berdasarkan tuntunan Rasulullah SAW, kamu justru sibuk memandang layar smartphone mu. Kamu sibuk membuka satu persatu aplikasi sosial media dan bermain game hingga kamu tertidur. Ada juga yang mendengarkan musik bukannya berdoa dan akhirnya terbangun dengan keadaan headset masih menempel di telinga.

Manfaat Berdoa Sebelum Tidur Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan membaca. Itulah kenapa sejak kita kecil, kita selalu dibiasakan membaca Doa sebelum beristirahat. Dari sisi psikologis sendiri, membaca doa secara rutin sebelum tertidur ternyata dapat memberikan sugesti dan meyakinkan kita untuk tertidur lebih nyenyak. Itulah kenapa, orang yang terbiasa membaca Bacaan Doa Sebelum Tidur yang Sesuai dengan Tuntunan Nabi Muhammad SAW akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Berikut ini adalah penjabaran manfaat mengenai berdoa menjelang waktu tidur:

1. Merasa Nyaman

Seperti yang sudah dibahas di paragraf sebelumnya, orang yang membiasakan dirinya berdoa pada waktu menjelang tidur cenderung memiliki rasa nyaman atau tidur lebih nyaman dan tenang jika dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berdoa sebelum tidur. Hal ini dikarenakan orang yang tidur dengan berdoa lebih dulu akan tersugesti bahwa tidurnya akan aman dan dijaga. Baca juga Doa Bangun Tidur jika kamu sudah terjaga dari tidurmu.

2. Allah SWT Jauhkan Dari Mimpi Buruk

Tentunya kamu pernah mendengar nasehat teman atau orang tuamu yang mengatakan berdoalah sebelum tidur jika kamu tak ingin mendapatkan mimpi buruk. Mimpi buruk sendiri bisa disebabkan oleh kehidupan sehari-hari atau keseharianmu di dunia nyata yang sedang dilingkupi masalah yang cukup membuat stress, atau karena tubuh terlalu lelah dan banyak pikiran. Dengan berdoa yang memberi efek dan sugesti tertentu, tidur akan aman dari segala macam gangguan mimpi buruk.

3. Tidur Yang Lebih Berkualitas

Jika kamu membiasakan tidur dengan berdoa lebih dulu, tentu kamu akan mendapatkan tidur yang berkualitas karena lebih merasa nyaman dan tidak mendapatkan mimpi buruk. Namun satu hal yang harus diingat, berdoa sebelum tidur juga bukan merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kualitas tidurmu dari mulai kenyamanan bantal atau kasur, kebersihan tubuh dan kamar, keadaan tubuhmu apakah dalam keadaan sehat atau sakit, hingga isi perut yang kosong atau terlalu kenyang juga bisa mempengaruhi.

4. Bangun Tidur Dengan Segar

Dengan tidur yang berkualitas dan dijauhi dari mimpi buruk tentunya kamu akan bangun dengan segar. Dengan berdoa sebelum tidur, kamu akan bangun tidur dengan tubuh terasa bugar dan sehat.

5. Tubuh Tidak Terpisah Dari Ruh

Dalam Islam meyakini bahwa seseorang yang terlelap dalam tidurnya akan terpisah dari ruhnya. Apabila Allah berkehendak untuk tidak memulangkan ruh kita ketika tertidur, itu sudah kehendaknya begitu juga sebaliknya, maka dilanjutkan untuk membaca Bacaan doa sebelum tidur supaya kita bisa bangun seperti biasanya.

Penting juga : Doa Sebelum Makan

Setelah membaca beberapa manfaat berdoa sebelum tidur tentunya kamu juga ingin mengetahui seperti apa sebenarnya arti dari bacaan doa menjelang tidur yang biasa kita baca bukan?

Doa Sebelum Tidur dan Artinya / Terjemahannya dalam Tulisan Bahasa Arab

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

Bacaan Doa Sebelum Tidur dalam Bahasa Indonesia

“Bismika Allahuma ahya wa bismika amut”

Terjemahan Doa Sebelum Tidur

Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Doa ini adalah doa yang dibaca oleh Rasullullah secara rutin sebelum beliau tidur. Sedangkan ketika beliau terbangun keesokan harinya beliau membaca doa sebagai berikut:

”Alhamdulillahiladzi ahyana ba’dama amatana wa ilaihinnusyur”

Yang artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkanku kembali setelah mematikanku dan hanya kepada Allah aku bangkit”.

Hal Yang Mungkin Terjadi Jika Tidak Membaca Doa Sebelum Tidur

Dengan membiasakan diri kita membaca kedua doa tadi sebelum dan sesudah kita tidur, kita akan terlindungi dan Inshaa Allah bisa bangun kembali keesokan harinya dengan keadaan seperti semula. Adapula beberapa hal yang berkaitan dengan hal-hal yang bisa kamu alami jika tidak pernah berdoa sebelum dan sesudah tidur sebagai berikut:

1. Mudah bermimpi buruk

Mimpi buruk seperti diganggu makhluk halus dalam mimpi, atau kejadian-kejadian yang tidak diinginkan meskipun hanya berupa mimpi saja tentu kita tidak ingin mengalaminya. Dengan berdoa, tidur kita akan lebih terjaga dari hadirnya mimpi buruk apapun itu. Tak heran orang yang tidurnya seringkali dihinggapi oleh mimpi buruk selalu dinasihati untuk berdoa sebelum tidur supaya tidurnya lebih nyenyak.

2. Tidur menjadi tidak tenang

Seperti yang telah dibahas di paragraf sebelumnya mengenai manfaat dari tidur dengan berdoa lebih dulu, tidur yang tidak berdoa tentunya membuatmu tidak nyaman. Tidur menjadi gelisah dan tidak nyenyak. Hal ini disebabkan karena sugesti pada pikiran yang percaya bahwa dengan berdoa kita akan merasa lebih dijaga dan aman.

3. Mudah diganggu makhluk halus

Selain mimpi buruk bertemu dengan hantu yang bisa menghampiri kamu yang tidak berdoa sebelum tidur, kamu juga bisa saja diganggu oleh jin atau makhluk halus lainnya dalam dunia nyata saat kamu tertidur. Banyak terjadi kasus ketika kamu tidur, kamu merasa diganggu dalam mimpi. Sedangkan yang sebenarnya terjadi adalah mereka mengganggumu dalam dunia nyata dengan masuk ke dalam tidurmu. Jika tak ingin hal semacam ini terjadi, berdoalah sebelum tidur.

4. Tidur yang tidak berkualitas

Hal ini adalah salah satu yang paling tidak diinginkan oleh orang-orang dengan jadwal kegiatan yang cukup padat. Jika kamu memiliki banyak tugas atau pekerjaan yang harus kamu selesaikan, tentunya kamu harus memanfaatkan waktumu sebaik mungkin. Termasuk untuk istirahat, meskipun hanya beberapa jam saja kamu bisa tidur namun jika dalam beberapa jam tersebut kamu bisa tertidur dengan pulas tentunya itu sangat menolong tubuhmu agar bisa kembali segar untuk aktifitas berikutnya.

5. kesulitan bangun pagi

Hal lain yang bisa terjadi jika kamu tidak membiasakan diri untuk membaca doa sebelum tidur adalah kamu akan kesulitan untuk bangun pagi tepat waktu. Seperti yang sudah dibahas pada dampak tidak berdoa sebelum tidur lainnya, akumulasi dari semua hal tadi adalah kamu yang akan mudah bangun kesiangan. Mimpi yang buruk, tidurnya yang tidak nyaman, tidur yang tidak berkualitas hingga diganggu oleh jin selama tidur akan membuat waktu tidurmu yang sebenarnya cukup menjadi kurang dan membuatmu bangun kesiangan di pagi hari. Jika hal ini terjadi semua kegiatanmu keesokan harinya akan menjadi berantakan, ada beberapa kegiatan yang akhirnya harus terlewatkan karena kamu kesiangan. Wah, jangan sampai ini terjadi ya.

Baca Juga : Astaghfirullah!! Gadis dan Pria ini Mati Setelah Berzina

Agar hal semacam ini tidak terjadi, maka ada baiknya kamu untuk membiasakan membaca Bacaan Doa Sebelum Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW supaya kamu terhindar dari berbagai hal-hal buruk yang bisa terjadi selama kamu beristirahat. Ada baiknya kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT bersyukur dan kembali menyerahkan diri ketika kita beristirahat. Tak lupa juga biasakan diri untuk membaca doa setelah terbangun dari tidur Anda keesokan harinya. Demikian artikel mengenai manfaat berdoa sebelum tidur dan semoga bermanfaat.