Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat

Bacaan Doa Selamat di Dunia Akhirat merupakan doa yang paling sering dipanjatkan oleh umat Islam. Karena doa ini adalah inti dari segala doa, yaitu memohon keselamatan di dunia dan akhirat.

Sebagaimana telah kita ketahui, bahwa kehidupan yang kita alami di dunia ini hanyalah sementara, dan ada kehidupan selanjutnya yang kekal abadi, yaitu kehidupan di akhirat. Banyak yang mengatakan bahwa kehidupan di dunia sebenarnya adalah tempat untuk mengumpulkan bekal untuk kehidupan di akhirat. Namun sayangnya, kehidupan dunia juga dipenuhi dengan cobaan dan ujian untuk menguji tingkat keimanan kita. Oleh karena itu, sudah sepatutnya jika kita selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT, salah satunya dengan memanjatkan doa memohon keselamatan kita di dunia dan akhirat.

Sebagai insan yang lemah, manusia selalu membutuhkan pertolongan dari Rabb-nya. Bahkan dalam setiap langkah kita, setiap keputusan yang kita ambil, semua itu tidak akan dapat terlepas dari pertolongan Allah SWT. Semua yang kita lakukan, bahkan setiap gerak dari anggota tubuh kita, bisa terjadi karena kehendak dari-Nya. Doa merupakan salah satu usaha agar kita mendapatkan pertolongan dari Sang Khaliq, karena Dia adalah penentu segalanya.

Setiap orang, secara naluriah pasti membutuhkan sesuatu yang bisa membuatnya merasa tenang dalam menjalani hidup, mendapatkan apa yang diinginkan dan terjauhkan dari apa yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, manusia akan meminta pada sesuatu yang diyakininya bisa membantunya mewujudkan semua itu seperti doa selamat. Doa merupakan upaya sadar manusia untuk memohon, meminta pada Zat yang telah menciptakannya. Bacaan Doa sekaligus menjadi pengakuan dari manusia akan lemahnya dirinya dan membutuhkan pertolongan dan perlindungan dari Dia Yang Maha Perkasa. Dia yang pasti akan mengabulkan doa-doa dari hamba-Nya, tak peduli hamba-Nya tersebut orang miskin ataupun orang kaya, seorang pejabat ataupun rakyat jelata.

Jadi, bisa dikatakan bahwa Doa merupakan bagian yang sangat penting dalam usaha manusia mewujudkan apa yang dia inginkan. Berdoa bisa juga bermakna sebagai salah satu bentuk pengakuan bahwa Allah-lah yang menentukan semua apa yang terjadi bagi manusia. Doa juga bermakna sebagai bentuk permohonan dari seorang hamba yang tak luput dari dosa kepada Rabb Yang Maha Tinggi. Orang yang enggan atau bahkan tidak mau untuk memanjatkan doa kepada Dia Yang Maha Pemurah bisa dikategorikan sebagai orang yang sombong. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk memanjatkan doa pada Sang Penguasa alam raya.

Pada saat manusia berdoa kepada Allah, baik doa selamat maupun doa lainnya, sebenarnya dia telah menunjukkan sikap berserah diri, dan menegaskan bahwa dirinya membutuhkan pertolongan dari Allah. Hal ini juga menunjukkan bahwa manusia merasa butuh untuk dekat kepada Allah. Ia membutuhkan rasa dekat pada Tuhannya, yang akan menambah keyakinannya bahwa ia tak sendiri. Ada tempat bersandar, ada tempat berkeluh kesah tanpa rasa takut untuk ditinggalkan. Berdoa merupakan bagian dari sebuah kepasrahan dan bentuk ketaatan pada Allah semata, sekaligus sebagai bentuk pemenuhan pada perintah Allah.

Bacaan Doa bisa membuat hati kita menjadi tenang. Karena pada hakekatnya doa merupakan perwujudan ketaatan manusia pada Tuhannya. Pada saat berdoa, manusia akan merasakan kedekatan dengan penciptanya. Kedekatan inilah yang akan menumbuhkan ketenangan dalam jiwa. Apabila jiwa telah tenang, maka ia akan mudah untuk menerima segala ketentuan dari Sang Pencipta, dan tak ada keraguan untuk menjalaninya. Sehingga bisa menjalani kehidupan dengan tenang, tidak grusa-grusu. Karena ia meyakini, Ada Allah yang senantiasa menjaganya, melindunginya dan melimpahinya dengan kasih sayang-Nya.

Doa juga menjadi bukti tawakkalnya seseorang kepada Allah SWT. Jika seseorang berdoa, pada dasarnya ia memohon pertolongan pada Sang Khaliq. Itu berarti ia telah menyerahkan urusannya hanya kepada Rabb-nya semata, dan tidak pada yang lain. Doa juga merupakan bukti dari benarnya iman seseorang, dan pengenalan orang tersebut pada Allah, baik dalam rububiyah maupun uluhiyah, serta nama dan sifat-Nya. Doa seorang hamba pada Rabb-nya menunjukkan bahwa pada dasarnya ia meyakini keberadaan Allah, bahwa Allah itu Maha Mencukupi, Maha Kaya, dan tak akan lupa untuk memberi rizki pada makhluknya.

Doa juga merupakan sebab kuat untuk mendapatkan pertolongan pada saat menghadapi musuh. Keutamaan Dalam Islam Doa juga bisa menjadi peredam murkanya Allah. Doa juga menjadi sebab tertolaknya bala’ atau bencana. Pada saat seorang Muslim memanjatkan doa, maka ada tiga kemungkinan. Yang pertama, Allah akan menyegerakan untuk mengabulkan doanya. Kedua, Allah akan menyimpan permintaannya tersebut dan memberikan gantinya di akhirat. Dan yang ketiga, Allah akan menghindarkannya dari keburukan yang akan menimpanya. Jadi, bisa dikatakan jika doa merupakan pintu pembuka dari rahmat Allah pada manusia.

Sebagai manusia, sudah sewajarnya kita memohon pertolongan dari Dia Yang Maha Kuasa, Sang Pencipta langit dan bumi, Sang Penguasa ‘Arsy, agar kita senantiasa dalam perlindungan-Nya dan rahmat-Nya. Berikut adalah doa selamat yang bisa dibaca untuk memohon keselamatan dan perlindungan di dunia dan juga di kehidupan yang abadi, yaitu di akhirat sana.

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ

وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

ALLAHUMMA INNAANAS ‘ALUKA SALAMATAN FIDDIIN WA’AAFIYATAN FILJASAD WA JIZADATAN FIL’ILMI WA BARAKATAN FIRRIZQI WA TAUBATAN KABLALMAUT WA RAHMATAN INDALMAUT WA MAGFIRATAN BA’DALMAUT. ALLAHUMMA HAWWIN ‘ALAINA FII SAKARATILMAUT WANNAJAA TAMINANNARI WAL’AFWA ‘INDALHISAAB. RABBANA LAA TUJIGHKULUUBANAA BA’DAIZD HADAITANAA WA HABLANAA MINLADUNKARAHMATAN INNAKA ANTALWAHHAB.

Yang artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada jasad hamba, dan bertambahnya ilmu, dan keberkahan di dalam rizki hamba, dan terimalah taubat hamba sebelum mati, dan rahmatilah hamba dalam kematian dan berikan pengampunan sesudah mati. Ya Tuhanku, mudahkanlah hamba dalam menghadapi kematian, dan selamatkan hamba dari siksa api neraka, dan ampunilah hamba di hari perhitungan.”

Selain doa tersebut, Anda juga bisa membaca doa berikut yang lebih pendek, doa yang dikenal banyak orang sebagai doa sapu jagad, atau doa selamat dunia akhirat. Berikut lafadz doa untuk memohon keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat beserta artinya:

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Demikianlah ulasan mengenai Doa selamat dunia dan akhirat. Semoga informasi ini memberi kita motivasi agar tak lelah untuk terus memanjatkan doa dan memohon ampunan serta perlindungan dari Allah Yang Maha Kuasa. Sebagai Muslim, kita harus senantiasa berprasangka baik pada setiap ketetapan Allah. Karena Dia tahu apa yang terbaik untuk kita. Bahkan setiap takdir kehidupan kita telah tertulis pasti di lauhul mahfudz. Hanya doalah yang mampu menahan takdir tersebut. Oleh karena itu, panjatkanlah doa kepada Sang Maha Rahman. Seperti janji-Nya, setiap doa pasti diijabah. Hanya kapan waktunya, itu menjadi rahasia Allah. Jadi, jangan sampai kita berputus asa dari rahmat Allah. Teruslah memohon, dan jika waktunya tiba, Allah pasti akan memberikan yang terbaik bagi kita. Aamiin ya Rabbal’alamiin. Wallahu a’lamu bi showwab.

Doa Lainnya : Doa Mandi Wajib Yang Benar