Bacaan Doa Tolak Bala Lengkap Arab, Latin dan Artinya

WEBIslami.com – Bacaan Doa Tolak Bala adalah sekumpulan doa yang diperuntukkan untuk siapa saja dengan tujuan untuk memberikan panduan bagi mereka yang memiliki rasa ingin tahu terhadap hal ini.

Hidup memang tak selamanya semulus seperti yang kita perkirakan sebelumnya. Dalam berbagai bidang kehidupan senantiasa terjadi perubahan yang sifatnya naik turun. Maksudnya, kadang kita merasa bahagia, namun juga bisa bersedih dan menderita. Di satu saat kita beruntung, akan tetapi di waktu yang lain justru mengalami kesialan atau ketidakberuntungan. Kejadian seperti ini adalah hal biasa yang tidak dapat dihindari oleh manusia. Sebagai manusia biasa, kita hanya bisa melakukan apa yang mampu kita lakukan, berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan apa yang ingin kita capai, serta ditopang oleh Doa tolak bala. Selain itu semua, kita juga tidak boleh lupa bahwa ada kekuatan yang lebih besar dari sekedar kekuatan manusia, yakni uluran tangan dari Tuhan yang telah menciptakan manusia. (Baca : Kenapa Melihat Allah Harus Di Surga / Akhirat ? )

Allah SWT menciptakan manusia ke dunia untuk menjadi khalifah di bumi. Manusia memiliki potensi yang semestinya kita gali semaksimal mungkin karena manusia sebagai makhluk ciptaan yang unik. Sebagai seorang hamba, kita tidak akan terlepas dari bantuan Tuhan. Saat sedang dirundung masalah, ingin mendapatkan kehidupan yang jauh dari musibah serta mempunyai keinginan untuk terhindar dari marabahaya, mintalah bantuan kepada Tuhan kita, Allah, Tuhan semesta alam yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sarana untuk bermunajat dan meminta perlindungan dari Allah terhadap sesuatu hal yang sifatnya negatif adalah melalui bacaan Doa tolak bala yang isinya tentang permohonan seorang hamba untuk mendapatkan perlindungan dari Tuhan.

Di dalam artikel ini terdapat beragam Bacaan Doa Tolak Bala Lengkap Arab, Latin dan Artinya yang bisa Anda pakai untuk meminta kepada Tuhan agar senantiasa melimpahkan perlindungan dari berbagai hal. Baik dari nasib buruk atau kesialan, perlindungan dari segala macam kesedihan serta kekuatan jahat dan hal negatif lainnya. Doa yang tertuang di dalam artikel ini banyak digunakan oleh masyarakat dan dianggap sebagai doa yang tepat dalam hal memohon untuk dijauhkan dari segala musibah yang dikenal juga dengan istilah bala. Tentunya tidak ada yang mau jika terkena bala dalam bentuk apapun. Dengan mengucapkan doa ini diharapkan Anda akan terhindar dari bala.

Contoh Bacaan Doa Tolak Bala Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini akan dijabarkan beberapa bacaan doa untuk menolak bala dalam bahasa arab yang bisa digunakan sebagai bahan doa sehari-hari. Beberapa doa ini telah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW kepada sahabat-sahabat yang kemudian dibukukan dalam sebuah hadis. Maka dari itu, sudah sepatutnya Anda mengamalkan doa-doa dibawah ini sebagai amalan sehari-hari, agar Anda mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

1. Bacaan Doa Tolak Bala Yang Pertama

Adalah doa pertama yang dapat Anda gunakan untuk melindungi diri dari bala atau musibah yang datang yang bisa Anda amalkan ini cukup pendek dan sederhana. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah menghapal dan kemudian membacanya setiap hari.

Berikut adalah lafazh doa tolak bala pertama.

اللهم إنا نعوذ بك من جهد البلاء و درك الشقاء و سوء القضاء و شماتة الأعداء

“Allohumma Inna Na’u Dzubika Min Jahdil Bala-Iwa Darokisysyaqoo Suu-Il Qodhoo-Iwa Syamaatatil A’daa-I”.

Supaya Anda lebih memahami makna dari lafadz di atas, kami sudah menyediakan inti dari lafadz doa yang tersebut diatas. Makna dari doa ini adalah memohon perlindungan kepada Allah dari bala atau bencana, seperti bala bencana kecelakaan kendaraan, kesukaran hidup, buruknya takdir serta berbagai keburukan, hinaan serta cemoohan orang-orang yang memusuhi kita.

2. Adapun doa tolak bala yang kedua yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ وَ صَلَّى اللَّهُ وَسَلَّمَ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Allohumma bihaqqil Fatihah, Wasirril fatihah, Yaa Faarijal hamma, wa Yaa kasyifal ghomma, Yaa Man li ibaadihi yaghfiru wa yarham, Yaa dafi’al bala-i Yaa Allah, wa Yaa dafi’al bala-i Ya rohman wa Yaa dafi’al bala-i Yaa Rohiim. wa sholallohu wa sallama ‘ala khoiri kholqihi Syyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in Subhaana robbika robbil izzati amma yashifun Wasalamun ‘alal mursalin walhamdulillahi robbil ‘alamiin.”

Seperti sebelumnya, di bawah ini adalah makna dari doa di atas yang akan berguna untuk meningkatkan rasa khusyuk saat membaca doa:

Terjemahannya antara lain adalah memohon berkat dari dengan kebenaran Al-Fatihah karena rahasia Al-Fatihah yang sangat luar biasa. Manusia hendaknya percaya kepada Allah yang mampu membedah hati yang gelisah, menyingkap kebingungan karena Dialah dzat yang mengampuni dan mengasihi semua hambanya. Karena Dia jugalah zat yang mampu menolak bala dari berbagai macam jenis bala. Semoga salam serta shalawat tercurah kepada Muhammad sebagai Rasullnya orang-orang mukmin dan para sahabatnya. Dan semoga keselamatan dilimpahkan kepada para Rasull Allah, serta segala puji bagi Tuhan semesta Allam.

3. Bacaan Doa Tolak Bala yang Ketiga

Doa yang selanjutnya terkait dengan marabahaya berupa penyakit berbahaya yang dapat menyerang Anda beserta dengan keluarga. Selain itu juga kemalangan seperti musim paceklik, kejahatan dari orang lain, serta nasib buruk yang menimpa jiwa serta raga.

اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

ALLAAHUMMADFA’ ‘ANNALGHOLAA-A WALBA LAA-A WALWABAA-A WALFAHSYAA-A WALMUNKARO WASSUYUUFALMUKHTALIFATA WASY-SYA DAA-IDA WALMIHANA MAADHOHARO MINHA WAMAABAATHONA MINBALADINAA KHOSSOTAN WAMIN BULDAANILMUSLIMIINA ‘AAMMA TAN INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QODIIRUN

Penafsiran yang bersangkutan yaitu sebagai berikut: Memohon dihindarkan dari kekurangan makanan atau pangan, cobaan mengarungi hidup dan wabah penyakit yang menular. Selain itu, dalam doa ini juga diartikan memohon dijauhkan dari perbuatan amar makruf nahi munkar atau perbuatan yang buruk, beragam ujian paceklik serta ujian hidup. Sesungguhnya Dialah dzat yang menguasai sesuatu, maka dari itu, manusia pun kemudian pasrah kepadaNya serta menundukkan diri dihadapanNya.

Panjatkanlah doa yang telah tertulis di atas dengan kesungguhan hati serta pikiran yang jernih. Apabila Anda tidak membersihkan hati dengan meningkatkan keimanan Anda, maka doa tersebut akan suit untuk dikabulkan. Sederhananya begini, apakah Anda akan memberikan bantuan kepada orang yang tidak pernah menunjukkan kesungguhan dan kebaikan? Saya rasa akan sulit untuk hal itu. Karena itulah, perbanyaklah kebaikan kepada orang lain, tingkatkanlah ibadah serta perbaiki setiap gerak gerik Anda. Dengan demikian, Inshaa Allah doa Anda akan menjadi lebih makbul atau mujarab.

Supaya kesempatan doa terkabul menjadi lebih besar, maka berdoalah bersama dengan anggota keluarga yang lain. Kalaupun doa Anda tidak diterima, apabila semua anggota keluarga juga ikut berdoa, maka masih ada kemungkinan bahwa doa dari keluarga lainnya dapat terkabul. Semakin banyak yang berdoa semakin bagus. Namun tak selamanya jumlah yang menentukan. Ada yang lebih penting dari kuantitas, yaitu kualitas dari doa. Maksudnya adalah, seberapa ikhlas dan tulus Anda berdoa, serta maksud dari doa tersebut.

Baca Juga : Arti Mimpi Menikah dan Berbagai Tafsirannya

Dengan berakhirnya tulisan ini, berakhir pula pembahasan mengenai Bacaan Doa Tolak Bala Lengkap Arab, Latin dan Artinya yang dapat kami sampaikan kepada Anda selaku pembaca yang budiman dan tak pernah lelah menggali informasi penting. Informasi yang memberikan manfaat bagi kehidupan seperti halnya yang Anda temukan di dalam tulisan sederhana yang satu ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini dari awal hingga tuntas. Semoga kebaikan selalu bersama Anda dan kita semua, sehingga senantiasa Anda selalu berada di jalan yang lurus yang diridhai oleh Allah.