Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

WEBIslami.com – Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua adalah salah satu jenis doa yang hadir untuk menjawab pertanyaan Anda tentang doa apa yang semestinya digunakan untuk kedua orang tua yang sangat Anda cintai.

Orang tua adalah orang yang sangat berharga bagi kita semua. Tanpa adanya orang tua yang melahirkan dan merawat kita dengan penuh rasa kasih dan cinta yang tulus, kita tidak akan mungkin bisa berada di dunia ini seperti saat ini. Mereka adalah dua orang penting yang harus kita hormati dan juga disayangi lebih dari siapapun juga. Baik ayah maupun ibu, keduanya akan selalu mengiringi langkah kita kemana pun kita pergi. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan perasaan cinta dan sayang kepada kedua orang tua. Namun bagaimanapun, kita tidak akan mungkin mampu membalas apa yang telah diperbuat dan dikorbankan oleh mereka kepada diri kita. Karena itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar Doa untuk orang tua yang Anda butuhkan.

Apabila Anda masih memiliki ayah dan ibu, lakukan yang terbaik untuk mereka. Banyak yang salah sangka terkait dengan cara untuk memberikan kebahagiaan pada orang tua. Mereka mengira kalau orang tua akan bahagia kalau diberikan kehidupan yang mewah berupa rumah yang besar, kekayaan yang melimpah, maupun hal lain yang bersifat duniawi. Padahal, orang tua tidak membutuhkan itu semua. Kedua orang tua pada umumnya hanya ingin hidup dengan bahagia bersama dengan cinta dan kasih sayang dari anak serta keluarganya. Percuma saja mempunyai anak yang kaya namun anaknya tidak pernah sekalipun menghabiskan waktu bersama mereka.

Sebagai seorang anak, kita juga semestinya meluangkan waktu untuk orang tua. Jangan sampai Anda lebih mementingkan urusan pekerjaan daripada berkumpul dengan orang tua. Berikanlah mereka kebahagiaan sebagaimana mereka membuat Anda tertawa semasa kecil. Perlakukanlah mereka dengan baik dan jagalah kesehatan mereka. Lakukanlah yang terbaik selagi orang tua Anda masih hidup. Akan tetapi, kalau misalnya kedua orang tua, atau salah satunya sudah meninggal dunia, Anda bisa mengirimkan Doa Untuk Kedua Orang Tua agar dapat meringankan beban mereka di alam akhirat. Serta untuk memuluskan jalan kedua orang tua menuju surga yang penuh dengan kenikmatan.

Banyak orang yang meremehkan kekuatan dari Doa. Padahal doa bisa menjadi penolong bagi kedua orang tua di alam sana. Ada tiga amalan yang akan tetap diperoleh oleh seseorang meskipun sudah meninggal dunia. Ketiga amalan tersebut adalah ilmu yang bermanfaat, amal jariah, dan yang terakhir yakni doa anak yang sholeh. Karena itulah, perbaiki iman dan ketakwaan Anda supaya doa yang Anda panjatkan kepada Allah tersampaikan dan bisa sampai manfaatnya kepada orang tua Anda. Sebagai panduan, berikut ini kami sediakan beberapa doa yang bisa Anda pakai dan diucapkan setelah selesai sholat, salah satu waktu mujarab untuk memanjatkan doa.

Doa Untuk Kedua Orang Tua pertama adalah salah satu doa yang diambil dari salah satu ayat di dalam Al-Qur’an. Isinya seputar permohonan seorang anak kepada Tuhan agar semua dosa orang tuanya diampuni, serta supaya kedua orang tuanya mendapatkan kasih saying dari Tuhan seperti yang diterimanya dari mereka. Bunyi dari doa tersebut adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.

 “Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa.”

Sedangkan arti atau terjemahan dari doa yang tertulis di atas yakni tertulis di bawah ini:

 “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Doa untuk orang tua selanjutnya masih diambil dari ayat suci al-Qur’an, tepatnya dari Surat Nuh ayat 28, yang berbunyi seperti ini, “robbighfirlii waliwaalidayya”. Terjemahannya yaitu: “Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku.”

Kemudian adalah ayat Al-Isr’ ayat 24 yang berbunyi:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي
o صَغِيرًا

“Robbir hamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo”. Dengan arti sebagai berikut: “serta kasihilah mereka berdua seperti mereka mengasihiku sewaktu kecil”.

Saat Anda memanjatkan doa, ada waktu tertentu yang merupakan waktu ideal atau bisa juga dikatakan waktu yang makbul. Pada waktu tersebut dipercaya bahwa doa yang diucapkan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dikabulkan. Beberapa diantaranya adalah setelah sholat malam (sholat tahajud) yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Selan itu waktu lainnya adalah saat berada di Baitullah atau ka’bah. Maka dari itu, terdapat fenomena titipan doa kepada orang yang ingin pergi Umroh atau Haji, dengan harapan doa yang dititipkan akan dikabulkan. Namun tentu saja akan lebih baik kalau Anda pergi sendiri ke sana dan mengatakan keinginan Anda sendiri.

Dalam berdoa, sebaiknya juga diikuti oleh doa yang memanjatkan rasa syukur terhadap apa yang telah Anda dapatkan, syukur kepada kebaikan orang tua dan kesehatan yang masih menjadi bagian dari kehidupan keluarga serta keturunan Anda. Berikut adalah doanya.

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ

Robbi Auzi’ni An Asykuro Ni’matakal Latii An’amta ‘Alayya

وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ

Wa’alaa waalidayya wa an a’mala shoolihan tardloohu

وَأَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْ

Wa’ashli_h lii fii dzurriyyatii

إِنِّيْ تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Innii tubtu ilaika wa innii minal muslimiin

“Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni`mat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridloi. Dan berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku.

Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, doa anak yang sholeh akan lebih cepat sampai dan dikabulkan. Maka hal penting yang harus dilakukan agar doa lebih mudah terkabul adalah meningkatkan kualitas diri. Baik hubungan antara sesama manusia atau bisa juga disebut hubungan horizontal, maupun hubungan dengan Sang Pencipta berupa keimanan dan ketakwaan yang disebut juga dengan hubungan vertikal. Keduanya penting dan semestinya berjalan beriringan. Karena Islam tidak hanya mengajarkan tentang ibadah pribadi kepada Tuhan, namun Islam juga mengatur hubungan seseorang dengan orang lain. Karena itulah sebagai makhluk sosial, manusia seharusnya dapat membangun relasi yang baik dan santun serta saling melengkapi antar sesama manusia.

Sejumlah doa yang ada di dalam artikel ini hanyalah contoh. Sebenarnya ada lebih banyak lagi doa yang bisa Anda cari di berbagai sumber. Jika Anda memang serius untuk mempelajari berbagai Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua, ada baiknya untuk berkonsultasi dan bertanya kepada orang yang lebih mengerti tentang agama. Contohnya seperti ustad/ustadzah, kiai atau siapa saja yang memiliki ilmu agama yang baik.

Baca Juga : Doa Nurbuat Dalam Tulisan Arab dan Manfaatnya

Seperti sebuah pepatah, jika Anda bersama dengan penjual parfum, maka lama kelamaan Anda juga akan menjadi wangi. Kalau Anda bergaul dan lebih sering berkumpul serta berkomunikasi dengan ahli agama, maka pengetahuan agama Anda akan semakin meningkat. Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan kepada para pembaca yang selalu ingin mencari tahu tentang Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua. Silahkan Anda pakai doa yang terdapat di dalam artikel ini untuk kebaikan Anda sendiri dan orang tua Anda, baik yang masih hidup maupun sudah wafat.