Balasan Dosa Zina di Dunia dan Akhirat

WEBIslami.com – Salah satu Perbuatan Dosa besar yang saat ini banyak dilakukan orang secara terang-terangan adalah zina. Apa saja Balasan Dosa Zina di Dunia dan Akhirat?

Dalam Islam disebutkan bahawa salah satu tanda-tanda dekatnya hari kiamat adalah perbuatan zina dilakukan secara terang-terangan. Saat ini banyak orang telah melakukan perbuatan zina secara terang-terangan, yaitu dengan menggunakan jasa PSK.

Sabda Nabi Muhammad SAW :

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا

Artinya : “Di antara tanda-tanda hari kiamat adalah: sedikitnya ilmu dan tersebarnya kebodohan, diminumnya khamr, merebaknya perzinaan.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Pada akhir zaman yang sekarang ini, banyak manusia tidak malu-malu dalam melakukan perbuatan zina. Zaman sekarang ini, Zina tidak lagi dianggap sebagai sesuatu Perbuatan Dosa yang hina dan memalukan. Dosa Berciuman dianggap sebagai dosa biasa. Astaghfirullah!!

Diriwayatkan dalam Kitab Shahih Bukhari, Dari Abu Malik al Asy’ari bahwa dia mendengar Nabi SAW bersabda:

لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ

Artinya : “Sungguh ada dari umatku beberapa kaum yang menghalalkan (menganggap halal perzinahan, sutera, minuman keras, dan musik-musik.” (H.R. Bukhari)

Inilah Balasan Dosa Zina di Dunia dan Akhirat Yang Wajib Anda Ketahui 

Zina merupakan dosa yang sangat besar dan dapat mencoreng iman kita kepada Allah SWT. Rasulullah SAW telah menjelaskan bahwa Allah SWT akan membalas dosa ini di dunia selama para pezina masih hidup di dunia dan akan membalasnya juga di akhirat kelak. (Baca : Astaghfirullah!! Gadis dan Pria ini Mati Setelah Berzina).

Nabi Muhammad SAW telah menganjurkan setiap umatnya untuk menjauhi hal-hal yang menjerumuskan dalam zina serta menjauhi perbuatan zina karena ada 6 bahaya yang akan mengintai manusia yang melakukan perbuatan zina. 6 balasan dosa zina itu adalah 3 balasan di dunia dan 3 balasan di akhirat kelak.

Balasan yang akan menimpa seorang pezina selama di dunia, yaitu:

  1. Cahaya muka menjadi redup bahkan lenyap
  2. Umur semakin berkurang
  3. Menjadikan seseorang berkecimpung dalam kemiskinan yang kekal

Sedangkan Balasan yang akan menimpa seorang pezina di akhirat kelak yaitu:

  1. Mendapat murka Allah SWT
  2. Proses penghisaban amal pernuatan selama di dunia sangat buruk
  3. Mendapat siksaan api neraka

Siksa atas Pezina di Alam Kuburnya

Allah SWT menempatkan berbagai macam ancaman berat atas perbuatan dosa zina. Allah SWT menyandingkannya dengan ancaman atas perbuatan syirik dan pembunuhan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آَخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَامًا يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا

Artinya : “Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah SWT dan juga tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah SWT (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina.” (QS. Al-Furqan: 68-69)

Mufassirin menyebutkan makna atsam sebagai sebuah lembah di jahannam. Ikrimah mengatakan bahwa, “Mendapatkan atsam: lembah-lembah di Neraka jahannam di mana para pezina disiksa di dalamnya.” (Lihat Pada Tafsir Ibnu Katsir).

Balasan Dosa Zina di Dunia dan Akhirat atau Siksaan atas untuk pelaku perbuatan zina diipatgandakan oleh Allah SWT dan mereka kekal di dalamnya dalam kondisi dihinakan sejadi-jadinya. Sebuah kesengsaraan kekal akibat kenikmatan haram sesaat ketika di dunia.

Hadits Shahih al-Bukhari, dari Samurah bin Jundab Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: “Pada suatu pagi Nabi Muhammad SAW bercerita kepada kami:

إِنَّهُ أَتَانِي اللَّيْلَةَ آتِيَانِ وَإِنَّهُمَا ابْتَعَثَانِي وَإِنَّهُمَا قَالَا لِي انْطَلِقْ وَإِنِّي انْطَلَقْتُ مَعَهُمَا. . . فَانْطَلَقْنَا فَأَتَيْنَا عَلَى مِثْلِ التَّنُّورِ قَالَ فَأَحْسِبُ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ فَإِذَا فِيهِ لَغَطٌ وَأَصْوَاتٌ قَالَ فَاطَّلَعْنَا فِيهِ فَإِذَا فِيهِ رِجَالٌ وَنِسَاءٌ عُرَاةٌ وَإِذَا هُمْ يَأْتِيهِمْ لَهَبٌ مِنْ أَسْفَلَ مِنْهُمْ فَإِذَا أَتَاهُمْ ذَلِكَ اللَّهَبُ ضَوْضَوْا

Artinya : “Tadi malam saya didatangi oleh dua orang. Keduanya berkata kepada-ku: berjalanlah kamu. Kemudian aku pergi berjalan bersama dengan keduanya. . . . . . Lalu kami mendatangi bangunan menyerupai sebuah tungku api. Tiba-tiba terdengarlah aneka macam suara gaduh dan juga teriakan di dalamnya. Lalu kami melongok ke dalamnya. Ternyata di dalamnya terdapat beberapa laki-laki dan juga perempuan telanjang. Kobaran api dari bawahnya, menyalak ke mereka. Saat kobaran api itu mengenai mereka, maka mereka menjerit kesakitan.

Kemudian Nabi SAW bertanya kepada kedua orang yang pergi bersamanya tadi, “Siapa mereka itu?” kemudian dijawab di ujung hadits,

وَأَمَّا الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ العُرَاةُ الَّذِينَ فِي مِثْلِ بِنَاءِ التَّنُّورِ، فَإِنَّهُمُ الزُّنَاةُ وَالزَّوَانِي

Artinya :“Adapun Pria-pria dan wanita telanjang yang berada di bangunan seperti tungku api adalah para laki-laki dan perempuan pezina.” (H.R. Al-Bukhari)

Inilah Siksaan Yang Sangat Mengerikan yang disediakan bagi pezina di alam kuburnya yang berlangsung sampai dengan tibanya hari kiamat. Wallahu A’lam.

Baca Juga : Tolong Share!! Inilah Akibat Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar