Doa Bercermin Tulisan Arab dan Artinya

DOA bercermin merupakan salah satu adab yang baik ketika bercermin agar Allah SWT jadikan akhlak kita baik sebagaimana rupa kita dan terhindar dari sifat sombong dan angkuh.

Bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah merupakan sebuah keharusan bagi setiap manusia, karena bersyukur adalah bentuk terimakasih kita pada Allah atas karunia-Nya. Dan dengan bersyukur Allah akan menambahkan nikmat namun bila kita tidak mensyukuri karunia-Nya maka Allah akan memberikan balasan berupa azab. Ada banyak sekali karunia Allah yang diberikan pada diri kita, salah satunya yang jelas terlihat berupa tubuh yang lengkap dan sempurna. Sebagai wujud rasa syukur kita atas nikmat Allah tersebut, hendaknya kita merawat tubuh kita dengan baik. Untuk dapat merawat tubuh dengan baik, maka kita perlu melihat bayangan nyata dari tubuh kita. Untuk melihat bayangan nyata tubuh kita perlu bercermin. Nah, saat bercermin inilah kita bisa menunjukkan rasa syukur dengan membaca Doa Bercermin agar wajah bercahaya.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibnu Mas’ud RA bahwa Rasulullah SAW pernah berdoa:

اللَّهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنْ خُلُقِي

Artinya : “Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku.” (H.R. Ahmad serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam al-Irwa’)

Bercermin adalah sebuah kegiatan untuk melihat bayangan diri sendiri sebagaimana wujud aslinya, sehingga dengan bercermin kita akan melihat seperti apa diri kita karena kita tidak bisa melihat penampilan diri sendiri tanpa menggunakan cermin. Bercermin memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk menghias diri, untuk melihat ada tidaknya kotoran di wajah, untuk merapikan diri, dan lain-lain. Coba Anda bayangkan jika Anda menghias diri dengan make up tapi tidak menggunakan cermin, tentu hasilnya bukan penampilan Anda yang semakin bagus tapi justru malah wajah jadi berantakan kan? Nah, itulah salah satu manfaat pentingnya bercermin bagi kita, dengan menggunakan cermin kita bisa membuat penampilan semakin menarik.

WEBIslami.com menyampaikan bahwa Doa Bercermin Tulisan Arab dan Artinya Sesuai Sunnah Rasulullah SAW  yang sering dibaca yaitu :

اَللَّهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

“Allahumma kama khassanta khalqi fa hassin khuluqi”

Yang maksudnya adalah berisi pujian pada Allah dan harapan agar Allah memperindah akhlak sebagaimana Dia memperindah wajah.

Sebenarnya Doa ini tidak hanya dikhususkan saat bercermin, namun Rasulullah SAW menggunakan Doa Bercermin ini pada berbagai situasi yang lebih umum lagi. Meskipun demikian, tidak ada salahnya ketika kita bercermin membaca doa ini karena doa ini boleh dibaca di situasi yang lebih umum. Apalagi ketika bercermin kita melihat bentuk wajah, sehingga tidak salah bila sambil berdoa memohon pada Allah SWT agar akhlak kita juga diperindah sebagaimana wajah kita.

Bercermin selain untuk memperindah penampilan, namun ternyata juga ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil. Dengan bercermin kita bisa melihat kelebihan dan kekurangan diri, oleh karena itu bercermin bisa menjadi sarana untuk bermuhasabah. Mengkoreksi diri sendiri bisa dengan mencari tahu mata kita gunakan untuk melihat apa saja, mulut kita lebih banyak berbicara kebaikan atau keburukan, telinga kita lebih banyak mendengar yang bermanfaat atau justru sia-sia, dan lain sebagainya. Dengan bermuhasabah kita bisa terus memperbaiki diri sehingga bisa terhindar dari perilaku tercela, dan hati akan menjadi tenang. Muhasabah akan memberikan energi baru dalam diri kita, dan akan membuat motivasi meningkat kembali. Yah, itulah salah satu hikmah dari bercermin yang sangat identik dengan muhasabah.

Baca Juga : Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Demikianlah ulasan mengenai Doa Bercermin Tulisan Arab dan Artinya. Bercermin memiliki banyak manfaat dan bisa bernilai ibadah jika dilakukan sesuai adab-adab yang benar, diawali niat yang baik, doa bercermin, dan mengikuti adab-adab yang lain. Bercermin juga bisa menjadi sarana bermuhasabah sehingga kita bisa selalu mengkoreksi diri dengan begitu hati akan menjadi tenang dan memberikan energi baru untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Namun, bercermin juga bisa memberikan dampak buruk jika dilakukan dengan berlebihan dan niat yang salah karena akan menimbulkan sifat sombong dan angkuh.