Doa Keluar Rumah Lengkap dan Artinya

WEBIslami.com – Doa keluar rumah beserta adab keluar rumah seperti yang dicontohkan Rasulullah sudah sepatutnya untuk diteladani oleh umat Islam. Doa tersebut akan menjaga kita selama perjalanan.

Doa keluar rumah beserta adab keluar rumah sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagai tauladan bagi umat Islam. Nabi Muhammad SAW bergelar nabiyurrahmah, yaitu nabi yang sangat mengasihi seluruh umatnya. Rasa kasih dan sayang beliau kepada umatnya tak perlu diragukan lagi. Salah satu bentuk dari kasih sayang beliau kepada umatnya, yaitu beliau mengajarkan berbagai adab dalam menjalani kehidupan, sehingga umat Muhammad menjadi umat yang berakhlak mulia yang menjadi penyebab Allah SWT memberikan rahmat-Nya.

Pada saat kita akan keluar rumah, sebaiknya meneladani adab yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. nya. Jangan sampai kita keluar begitu saja, tanpa mengindahkan adab-adab yang telah dicontohkan. Adab tersebut sudah pasti mempunyai hikmah tersendiri. Adab tersebut merupakan etika yang menuntun kita menjadi pribadi yang lebih bermartabat, menjadi insan dengan akhlak yang mulia, baik di hadapan manusia maupun di hadapan Allah.  Berikut adalah Doa Keluar Rumah Lengkap dan Artinya yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

1. Memberi salam

Seperti halnya pada saat masuk rumah, saat kita mau keluar rumah juga disunnahkan untuk mengucapkan salam. Karena salam adalah Doa yang memohonkan keselamatan, rahmat dan barokah dari Allah SWT untuk yang diberi salam, dan jawabannya adalah doa untuk yang memberi salam. Jadi, pada dasarnya baik yang memberi salam maupun yang menjawab salam sebenarnya saling mendoakan satu sama lain. Selain saling mendoakan, mengucap salam juga menambah kedekatan dan menumbuhkan kasih sayang diantara keluarga.

2. Berdoa ketika keluar rumah

Pada saat kita hendak keluar rumah, disunnahkan untuk membaca doa, yaitu Doa Keluar Rumah Lengkap dan Artinya. Apabila kita membaca doa tersebut pada saat hendak keluar dari rumah kita,  maka kita akan memperoleh tiga tiga keutamaan dari Allah, yaitu kecukupan, petunjuk dan penjagaan dari segala kejahatan makhluk ciptaan Allah, termasuk setan yang terkutuk. Oleh karena itu, setan akan memilih untuk menyingkir dan menjauhi kita. Bahkan ia juga akan menasehati kawannya untuk melakukan hal yang sama. Sebagaimana telah diriwayatkan dari sahabat Nabi, Anas bin Malik ra. oleh At-Tirmidzi, bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ ׃  بِسْمِ اﷲِ٬ تَوَكَّلْتُ عَلَى اﷲِ٬ لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاﷲِ ٬ يُقَالُ لَهُ  ׃حَسْبُكَ هُدِيْتَ ٬  وَكُفِيْتَ ٬ وَتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ٠

Yang artinya, “Apabila seseorang hendak keluar dari rumahnya, hendaklah ia membaca, “Dengan menyebut nama Allah, hamba bertawakkal hanya kepada Allah, tiada daya dan tiada upaya kecuali dengan ijin Allah. Disampaikan kepadanya, “Maka cukuplah bagimu, dan engkau telah mendapatkan petunjuk dan juga kecukupan, dan kamu telah dilindungi, dan setan akan menjauh darimu.”

Dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang lain mengenai doa keluar rumah, disampaikan oleh Ummu Salamah ra., bahwa apabila Rasulullah SAW hendak keluar dari rumah beliau, maka beliau akan membaca doa sambil menengadahkan tangan dan melihat ke langit:

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ أَنْ نَزِلَّ أَوْ نَضِلَّ،  أَوْ نُظْلَمَ ،  أَوْ نَجْهُلَ ،  أَوْ يُجْهَلَ عَلَيْنَا٠

Yang artinya, “Dengan menyebut nama Allah, hamba bertawakkal hanya kepada-Mu. Ya Tuhanku, sesungguhnya hamba berlindung hanya kepada-Mu dari tersesat ataupun disesatkan, dari tergelincir ataupun digelincirkan, dan dari bodoh ataupun dibodohi”. (HR. Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, dan dishahihkan al-Albani).

Doa-doa tersebut menunjukkan kepada kita, bagaimana Nabi Muhammad SAW yang bahkan setan pun segan pada beliau masih menggantungkan diri pada Allah SWT. Meskipun beliau adalah nabi yang dicintai Allah, beliau masih memohon perlindungan agar dijaga dan diselamatkan dari godaan setan dan segala kejahatan dari makhluk-makhluk Allah lainnya. Meskipun beliau tak harus melakukannya, namun beliau melakukannya sebagai teladan nyata bagi kita. Karena pemimpin yang baik memang harus memberi contoh nyata pada mereka yang dipimpinnya. Doa keluar rumah tersebut dibaca saat keluar rumah, sambil menengadahkan tangan dan menghadapkan pandangan ke langit, sebagaimana yang telah dituturkan oleh Ummu Salamah ra seperti terjelaskan dalam hadits di atas.

3. Berdoa ketika naik kendaraan

Pada saat kita bepergian menggunakan kendaraan, hendaklah berdoa pada saat akan menaiki kendaraan Anda. Pada saat kaki telah naik ke kendaraan, bacalah “Bismillah.” Selanjutnya, pada saat Anda berada tepat di atas kendaraan, maka bacalah “Alhamdulillah”. Selanjutnya, bacalah doa naik kendaraan sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Yang artinya, “Maha Suci Engkau ya Allah, yang telah memudahkan kendaraan ini tunduk pada kami padahal sebelumnya kami tidak menguasainya, dan sungguh kami pasti kembali pada Tuhan kami.

4. Memasuki tempat tertentu

Apabila Anda mendatangi atau memasuki sebuah tempat yang jarang Anda datangi, atau masih asing untuk Anda, hendaklah membaca doa memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terlindung dari segala bentuk kejahatan. Berikut kutipan doanya:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Yang artinya, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sangat sempurna dari segala kejahatan makhluk yang telah Dia ciptakan.”

5. Berpakaian menutup aurat

Serigala akan menyerang apabila melihat sebuah peluang. Apabila sang penggembala dapat menjaga kambingnya dengan baik, niscaya serigala tidak akan berani menyerangnya. Seperti itulah nafsu manusia. Lelaki bisa terbangkitkan nafsunya dan menjadi serigala ganas, ketika melihat sasaran empuk. Seringkali kasus pemerkosaan terjadi karena penyebabnya adalah terlalu minimnya pakaian yang dipakai oleh wanita. Padahal dengan tegas norma-norma agama maupun masyarakat sudah memberikan rambu-rambu bagaimana semestinya seorang wanita menjaga kehormatannya.

Allah SWT telah memberikan aturan yang jelas kepada manusia melalui firman-firman-Nya. Dialah yang Maha Mengetahui yang terbaik untuk manusia. Dia juga Maha Pengasih. Salah satu bentuk kasih sayang-Nya yaitu memberikan aturan yang bisa menjaga hamba-Nya. Sebagai contoh, Dia telah menetapkan aturan bagi hamba-Nya yang wanita agar menjaga auratnya demi menjaga kehormatannya. Allah telah memberikan cara terbaik bagaimana mengamankan diri dari bahaya. Selain itu, pada saat wanita mengumbar auratnya, sejatinya ia telah menjadi penyebab dosa bagi yang selainnya. Dia akan menanggung dosa akibat membuka auratnya, ditambah dengan dosa dari lelaki yang tergoda olehnya.

Baca Juga : 3 Perbuatan Dosa dan Siksaan di Neraka Yang Sangat Mengerikan

Demikianlah ulasan mengenai doa keluar rumah beserta adab keluar rumah yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagai muslim, sudah seharusnya kita meneladani jejak beliau. Karena beliau adalah uswatun hasanah, sosok teladan terbaik bagi umat. Beliau telah memberikan yang terbaik untuk umat yang dicintainya, agar umatnya bisa selamat di dunia maupun di hari perhitungan nantinya. Dengan membaca doa saat kita mau keluar rumah, ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan, seperti mendapatkan petunjuk untuk urusan yang kita lakukan, akan dibantu menunaikan hajatnya, akan dilindungi dari musuh, baik yang terlihat maupun yang tak terlihat, dan akan dijauhkan dari gangguan setan. Semoga informasi Doa Keluar Rumah Lengkap dan Artinya ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi mengenai doa maupun adab pada saat kita ingin keluar rumah. Wallahu a’lamu bi showwab.