Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, Etika dan Adab

Berita Islam – Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid harus dibaca ketika seorang muslim akan masuk / keluar masjid. Selama berada di masjid seorang Muslim harus bersikap sopan dan selalu memuliakan masjid.

Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid merupakan salah satu adab yang baik ketika memasuki tempat ibadah umat Islam. Masjid merupakan salah satu tempat yang dimuliakan oleh Allah dan disucikan oleh Allah SWT, sudah seharusnya sebagai umat Islam harus menghargai dan menggunakan sopan santun yang baik ketika akan memasuki masjid. Tempat suci ini harus dijaga kebersihannya dan dijaga kesuciannya.

Sabda Rasulullah SAW seperti diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA :
من السنة إذا دخلت المسجد أن تبدأ برجلك اليمنى، وإذا خرجت أن تبدأ برجلك اليسرى
Artinya : “Termasuk ajaran Nabi Muhammad SAW, ketika anda masuk masjid, anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar, mendahulukan kaki kiri.” (H.R. Hakim, dishahihkan oleh Ad-Dzahabi)

Hadits Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
Artinya : “Jika salah seorang diantara kalian masuk kedalam masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmatMu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu).” (H.R. Muslim No. 713)
Doa Masuk Masjid 
اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.
“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.
Artinya : “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.
 
Doa Keluar Masjid
 اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
“Allahumma inni as-aluka min fadhlik”
Artinya : “Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu”

Adab Masuk Masjid dan Keluar Masjid Dalam Islam

Adapun adab atau cara yang baik untuk memasuki masjid yaitu:

1. Mendahulukan kaki kanan

Dalam Hukum Islam, Cara untuk memasuki masjid yang pertama kali dilakukan adalah dengan mendahulukan kaki kanan. Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah untuk melakukan segala sesuatu yang baik-baik harus dilakukan dengan mendahulukan bagian tubuh yang sebelah kanan termasuk ketika akan masuk ke masjid. Memang, tidak ada aturan khusus dalam Al Qur’an untuk mendahulukan kaki kanan jika masuk ke masjid, namun begitu ini merupakan anjuran dari Rasulullah.

2. Membaca doa masuk masjid

Adab atau etika yang kedua ketika masuk masjid adalah berdoa. Ada Doa khusus ketika akan memasuki masjid, doa ketika akan masuk masjid yaitu: “Allahummaj’al fi qalbi nuran wa fi bashari nu ran wa fi sam’inu ran wa ‘an yamini nuran wa ‘anyasara nuran wa fauqi nuran wa tahti nuran wa amami nuran wa khalfi nuran waj’al li nuran”. Arti dari doa ini adalah Ya Allah berikanlah cahaya pada hatiku, pada penglihatanku dan pada pendengaranku, berikanlah cahaya pada sisi kananku dan pada sisi kiriku, berikanlah cahaya pada atasku, pada bawahku, pada depanku dan pada belakangku, Ya Allah berikanlah aku cahaya. Itulah Doa Masuk Masjid dalam islam.

3. Shalat sunah dua rakaat

Setelah masuk dan berdoa maka disunahkan untuk shalat sunah dua rakaat atau yang disebut dengan tahiyatul masjid. Salat ini dilakukan setelah masuk masjid dan sebelum duduk di masjid. Orang yang memasuki masjid disunahkan untuk tidak duduk terlebih dahulu sebelum melakukan salat sunah. Oleh sebab itu, jika hendak bepergian ke masjid pastikan jika dalam keadaan suci atau sudah berwudhu dari rumah.

4. Berdoa ketika akan keluar masjid dan mendahulukan kaki kiri

Membaca doa tidak hanya ketika masuk masjid saja tapi juga ketika keluar dari masjid. Doa masuk masjid dan doa keluar dari masjid berbeda. Doa Keluar Masjid yaitu “Allahumaftahli abwaba rahmatik, yang artinya Ya Allah bukakanlah pintu rahmat Mu. Selain doa ini, Anda juga bisa berdoa dengan lafal: “Allahuma ini as ‘aluka min fadlika,” yang artinya Ya Allah aku meminta karunia Mu.

Etika Masuk Masjid dan Keluar Masjid Dalam Islam

Selain keempat adab di atas, ada beberapa etika yang seharusnya dilakukan ketika Anda pergi ke masjid. Etika ketika berada di dalam masjid yaitu:

1. Berpakaian yang sopan dan bersih

Sebaiknya ketika akan pergi ke masjid harus mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Selain tertutup, pakaian yang dikenakan juga harus bersih dari najis.

2. Bersegera ke masjid setelah mendengar azan

Hal ini merupakan salah satu sunah yang diajarkan oleh Rasulullah dan tertera dalam Al Qur’an. Ketika seorang Muslim sudah mendengar azan dari masjid terdekat sebaiknya bersegeralah ke masjid untuk menunaikan salat.

3. Berjalan ke masjid dengan sopan dan tenang

Berjalan ke masjid juga harus dengan sopan dan tenang, jangan terburu-buru. Sopan santun ketika akan pergi ke masjid menunjukkan adab atau etika yang baik.

4. Menunggu waktu salat dengan berdzikir

Jika seorang Muslim sudah berada di masjid dan salat belum dimulai, sebaiknya isilah waktu dengan berdzikir mengingat Allah.

5. Menjaga ucapan ketika berada di dalam masjid

Ketika berada di dalam masjid sebaiknya menjaga ucapan ketika berada di dalam masjid. Ucapkanlah kata-kata yang baik jika ada di dalam masjid dan jangan menggunjing di dalam masjid. (Baca : Khatib dan Makmum Minum Ketika Khutbah Jum’at? Apa Hukumnya?)

6. Menjaga ketenangan dalam masjid

Di dalam masjid juga harus menjaga ketenangan, hindari untuk berbicara keras ketika berada di dalam masjid. Jika ingin berzikir, lebih baik di dalam hati dan jangan terlalu keras karena bisa mengganggu ketenangan di dalam masjid.

Baca Juga : Etika Menjenguk Orang Sakit Tuntunan Rasulullah SAW