Doa Menjenguk Orang Sakit

Doa Menjenguk Orang Sakit dan juga adab dalam menjenguk orang sakit telah ditetapkan dalam syariat Islam. Hendaknya kita sebagai umat Muslim untuk mendoakan kebaikan dan kesembuhan si sakit Sesuai dengan Sunnah.

Doa merupakan sebuah jembatan yang mempertemukan umat dengan Tuhannya. Dengan berdoa kita bisa menjadi lebih dekat dengan Allah SWT dan menguatkan iman kita sebagai umat Muslim. Ada banyak doa yang biasa kita panjatkan sehari-hari. Beberapa diantaranya adalah doa memohon keselamatan atau Doa Selamat hingga memohon kesejahteraan pada Allah Ta’ala. Adapula doa lain yang digunakan untuk meminta kesembuhan bagi saudara atau saudari Muslim kita yang sedang didera penyakit. Doa Menjenguk Orang Sakit Beserta Artinya dibawah ini  merupakan salah satu doa baik yang hendaknya kita berikan kepada sanak saudara atau teman-teman kita yang sedang sakit.

Mendoakan orang lain memang merupakan sebuah kebaikan yang bisa kita berikan kepada orang-orang yang kita kasihi. Dengan banyak mendoakan saudara saudari sesama Muslim serta teman-teman kita, itu bisa menjadi salah satu wujud bukti secara nyata sebuah rasa perduli dan mengasihi tanpa orang yang kita doakan mengetahui bahwa dirinya sedang didoakan.

Mendoakan saudara atau saudari dan juga teman-teman yang sedang sakit merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan sebagai wujud kasih sayang kepada sesama Muslim. Dengan mendoakan kesembuhannya, kita juga sudah turut beramal dan mengasihinya. Namun, doa yang diucapkan untuk kesembuhannya haruslah merupakan doa yang tulus dan dengan niatan yang baik pula. Sungguh Allah Maha mengetahui berbagai hal hingga isi hati kita sebagai manusia sekalipun. Doa-doa yang kita ucapkan tentulah akan diketahui oleh Nya atas niatan apa atau tulus tidaknya hati kita mendoakan orang tersebut.

Doa Menjenguk Orang Sakit pun baiknya diucapkan dalam hati yang bersih dengan ketulusan mengharap kepada Allah SWT untuk kesembuhan saudara kita. Beberapa doa yang diberikan kepada teman dan saudara kita yang sedang sakit biasanya berisi ucapan semoga lekas sembuh dan lain sebagainya. Namun, ada juga doa yang lebih lengkap dengan arti atau makna da kurang lebih sebagai berikut:

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

ALLAHUMMA ROBBANNAS ADZHIBILBA’ SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFAUKA SYIFA’ AN LA YUGHODIRU SAQOMA .

Artinya ;

“Ya Allah Ya Tuhanku, Tuhan dari segala manusia dimuka bumi, berikanlah kesembuhan kepadanya, angkatlah penyakitnya, dan jadikanlah penyakit yang ia derita sebagai pelebur dosa. Hanya kepadamu lah kami meminta kesembuhan, kesembuhan yang tak ada kambuh lagi.” ( H.R. Bukhori Muslim)

Doa tadi sebaiknya diucapkan kepada saudara-saudari kita yang sedang menderita kesakitan. Misalnya ketika Anda pergi ke rumah sakit untuk melihat keadaan teman kita atau datang ke rumah saudara yang sedang menderita sakit tertentu. Apapun sakit yang sedang diderita dari mulai flu atau demam biasa hingga sakit yang cukup parah, adapun sebaiknya kita mendoakan orang yang sedang menderita kesakitan agar disembuhkan dan diangkat penyakitnya oleh Allah SWT.

Tak hanya doa menjenguk orang sakit, dalam hal menjenguk saudara saudari Muslim dan juga teman kita yang saat ini tengah menderita penyakit, Islam juga telah mengatur beberapa adab yang berkaitan dengan menjenguk orang sakit dengan jelas. Syariat doa untuk orang sakit ini juga ada baiknya diiringi dengan beberapa aturan dan anjuran yang telah ditetapkan dalam Islam pada saat menjenguk saudara dan saudari kita yang sedang sakit.

Beberapa adab menjenguk orang sakit yang telah ditetapkan dalam Islam salah satunya adalah mengatur sikap dan juga hal-hal lain yang terlihat kecil dan sederhana namun apabila dilaksanakan dan diikuti dengan baik, akan baik pula hasil yang diperoleh. Berikut ini WEBIslami menjelaskan beberapa adab menjenguk orang sakit berdasarkan syariat Islam.

1. Bersikap baik dan menyenangkan orang yang sedang sakit

Tak hanya memberikan doa menjenguk orang sakit yang Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW yang baik agar kesembuhan segera didatangkan oleh Allah kepadanya, menjenguk orang sakit juga harus membawa kebaikan dan membuat senang orang yang kita jenguk. Ada baiknya jika kita berniat menjenguk atau melihat keadaan saudara saudari yang sedang sakit, berilah dia kesenangan agar bisa tersenyum dan tenang hatinya. Orang yang sedang merasakan sakit tentunya sangat tidak enak keadaan tubuhnya. Maka tugas kita sebagai orang yang menjenguknya adalah dengan menyenangkannya hatinya agar sejenak terlupakan rasa sakit yang sedang dialaminya. Misalnya dengan membawakan makanan yang ia sukai atau menceritakan kabar gembira. Insha Allah niatan baik akan selalu diterima oleh Allah dan menjadi amalan yang baik karena kita telah membuat seseorang gembira hatinya.

2. Menjenguk seseorang yang sakit adalah anjuran Rasulullah SAW

Menjenguk saudara atau saudari kita yang sedang tertimpa sakit merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Hal ini telah ditetapkan dalam penjelasan dari beberapa hadist shahih yang memiliki arti dengan inti sebagai berikut:

“Siapa yang senang menjenguk seseorang yang sedang sakit, maka sesungguhnya ia senantiasa berada di kebun jannah hingga ia kembali atau pulang kerumahnya”.

Selain itu, menjenguk saudara saudari sesama Muslim hingga teman dekat kita pun sama artinya seperti menjaga tali silaturahim dan menyenangkan hati orang lain. Dengan menjenguk mereka yang sedang sakit dan mengajak mereka mengobrol dan bersenda gurau, Insya Allah kita bisa sedikit membantu mereka untuk melupakan sakit yang sedang dialami. Adapun dalam Islam telah ada syariatnya berhubungan dengan menjenguk orang sakit yang berada dalam keadaan pingsan atau tidak sadarkan dirimu. Beberapa orang merasa sungkan atau tidak mau menjenguk seseorang yang sakit dan dalam keadaan tidak sadar atau pingsan secara berulang. Hal ini karena alasan bahwa mereka tidak bisa bertemu langsung dan mengobrol dengan orang yang sakit. Mereka juga berpendapat bahwa menjenguk orang yang sakit itu percuma nilainya karena orang yang kita jenguk tidak mengetahui kehadiran kita. Namun meskipun demikian, kita harus ingat bahwa tak ada kebaikan dengan niatan tulus yang akan berarti percuma dimata Allah Ta’ala. Maka bagi Anda yang sedang memiliki saudara yang tengah sakit dan tidak sadarkan diri atau pingsan maka tetaplah menjenguk dan berikan doa menjenguk orang sakit untuk kesembuhannya.

3. Menjenguk yang bukan mahram

Selain kedua syariat Islam yang berkaitan dengan adab menjenguk orang sakit, adapula aturan yang mengatur mengenai seorang wanita atau laki-laki Muslim yang hendak menjenguk lawan jenisnya yang bukan merupakan mahramnya yang sedang sakit. Hal ini jelas diperbolehkan dalam Islam. Tak ada larangan mengenai seseorang yang bertujuan baik untuk menjenguk seseorang yang bukan mahramnya. Namun tentunya dengan beberapa syarat seperti menjaga dan menutup aurat serta tidak berkumpul dengan lawan jenisnya. Hal ini berlaku untuk laki-laki yang hendak menjenguk wanita yang bukan mahramnya dan juga untuk wanita yang hendak menjenguk laki-laki yang bukan merupakan mahram baginya.

Lainnya : Doa Sebelum Tidur Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Demikian penjelasan mengenai adab dalam Islam mengenai menjenguk orang sakit  Sesuai Sunnah serta makna atau arti Doa menjenguk orang sakit yang biasa diucapkan. Semoga dengan begini kita jadi lebih bisa menjaga silaturahim serta memiliki rasa perduli yang besar terhadap saudara dan juga saudari atau bahkan teman-teman dekat sesama umat Muslim yang sedang sakit. Datanglah menjenguk dengan niatan baik dan senangkanlah ia dan berilah apa yang ia butuhkan seperti mengambilkan makan dan minum baginya yang sedang terbatas geraknya. Semoga artikel ini berguna untuk umat Muslim dimanapun berada.