Doa Minta Jodoh Yang Sholeh Dalam Islam

Doa Minta Jodoh – Masalah jodoh tampaknya memang semakin menghantui banyak orang, terutama bagi kaum hawa yang sudah melebihi batas usia remaja. Seperti kartu yang masih belum terbuka, terkadang sulit sekali untuk menemukan jodoh di depan mata. Jangankan usaha secara, Membaca Doa Minta Jodoh Yang Sholeh Dalam Islam setiap malam pun dilakukan. Lalu, mengapa jodoh masih tak kunjung datang. Apakah memang nasib buruk? Memang tidak sedikit diantara manusia yang dapat menemukan pasangan dengan mudah, namun tidak sedikit pula yang cenderung sulit menemukan kecocokan meski sudah melewati berbagai tahap perjodohan.

Akibatnya, gonta-ganti pasangan menjadi keputusan yang tidak terelakkan. Meskipun tidak tahu kapan atau siapa diantara mereka yang akan menjadi jodoh sebenarnya. Namun, dengan melakukan hal seperti inipun memiliki kekurangan. Gonta-ganti pasangan apa lagi sampai melakukan perbuatan Zina hanya membuat hati dan jiwa Anda semakin kekanak-kanakan, padahal sifat seperti ini justru akan memperjauh Anda dari jodoh yang dicari. Jika terlalu sering berganti pasangan, biasanya selain menjadi semakin keras kepala maka sifat mudah tidak puas juga termasuk penyakit yang rentan hinggap pada Anda.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan jodoh yang baik? Selain selalu memanjatkan doa minta jodoh dengan si dia, Anda juga harus giat melatih diri secara lahir dan batin. Do’a bukan hanya berfungsi sebagai motivasi semata, lebih dari itu do’a berpengaruh sangat besar untuk menguatkan mental dan menjadi sugesti agar Anda menjadi orang yang sabar. Banyak orang yang berusaha di luar sana, namun tentu tidak banyak bukan yang dibekali dengan kesadaran diri untuk siap menerima segala hal seperti Doa. Saat berdo’a, syarat terpenting untuk cepat dikabulkan adalah pasrah, ketika Anda meminta namun tidak mengharapkan untuk dikabulkan.

Sulit memang, namun karena do’a biasanya bersifat abstrak, misalkan Anda memanjatkannya untuk mendapatkan jodoh, maka siapapun dan seperti apapun jodoh yang diperlihatkan berpapasan dengan takdir Anda benar-benar masih misteri. Ya, memanjatkan doa minta jodoh yang sholeh bukan seperti memesan nama. Anda tidak bisa bersikeras memanjatkan do’a untuk dijodohkan dengan orang tertentu yang menurut Anda ideal, misalnya. Karena, jika seperti itu maka do’a yang Anda panjatkan tak ubahnya seperti pemaksaan. Dan hanya anak kecil yang sering memaksakan keinginan pada orang tuanya, begitu pula seorang hamba yang memaksa Tuhannya dalam do’a.

Usaha Itu Bergerak, Dan Usaha Selalu Membawa Hasil

Sering kita dengar dari orang-orang tua, bahwa do’a harus dibarengi dengan usaha. Tidak ada do’a tanpa usaha, begitupun usaha hanya akan terasa berat tanpa diringankan dengan do’a. Untuk bisa memperoleh sesuatu, Anda juga harus siap melakukan usaha agar bisa meraihnya. Lalu, jika yang diinginkan adalah jodoh, kira-kira usaha apa sajakah yang bisa dilakukan? Banyak sekali yang bisa Anda lakukan sebagai jalan mencari jodoh, diantaranya Anda bisa mematangkan diri, memperbaiki psikologis, memperkaya wawasan, dan juga melengkapi perilaku baik yang bisa menjadi karakter Anda di masa depan.

Pasti tidak hanya satu dua kali saja bukan, Anda mendengar bahwa orang yang baik akan bertemu dengan jodoh yang baik. Pepatah dan ayat semacam ini jangan Anda artikan secara tekstual, kalau jodoh dan keberuntungan hanya milik orang-orang yang baik saja. Lalu, bagaimana jika seorang manusia terlahir dalam keadaan kurang beruntung? Pepatah ini hanya bermaksud untuk memberikan motivasi pada Anda. Bagaimanapun orang yang selalu belajar memperbaiki diri, akan menemukan lingkungan yang berkembang sesuai dengan pengalaman yang dia dapat.

Jadi itu berarti, baik adalah kemampuan dan kesadaran untuk memperbaiki diri. Ayat tersebut adalah anjuran untuk melakukan proses, bukan ‘baik’ berarti sifat yang asal jadi dan menempel. Dengan terlahir di keluarga baik, latar ekonomi baik, dan juga wajah yang baik bukan berarti serta merta menjadi lebih baik daripada manusia yang berproses dari nol untuk menjadi baik. Semua hal yang Anda dan juga jodoh Anda butuhkan dalam hidup adalah ‘perbaikan’ diri terus menerus. Jadi ada pula orang bijak yang berkata jika; seorang yang merasa baik pada dasarnya dia belum menjadi baik, sementara manusia yang selalu merasa kurang baik adalah orang baik.

Jadi jika Anda ingin memanjatkan doa minta jodoh dalam islam, Anda juga harus memiliki kesadaran diri apakah sudah pantas atau belum jika seandainya dipertemukan dengan jodoh Anda. Mungkin Anda akan menemui satu dua teman Anda tampaknya dapat melewati segala masalah dalam hidupnya dengan sangat cepat, termasuk menemukan jodoh, namun bukan berarti pula Anda tidak lebih beruntung dari teman Anda itu. Jika di angan-angan Anda pasti akan menemukan satu dua hal yang bisa Anda lakukan lebih dari teman tersebut.

Meskipun jodoh belum dipertemukan, bukan berarti itu adalah kesialan Anda. Jodoh bukanlah perkara yang mudah diperkirakan, namun memang bisa diperdekatkan. Bagaimana caranya? Ya, tidak lain adalah dengan melatih diri, pengendalian diri, memperluas wawasan, juga melanjutkan usaha yang ingin Anda capai. Selain jodoh, pasti banyak pula impian-impian yang ingin Anda raih, jadi mengapa tidak melakukannya saat itu juga? Bukan tidak mungkin, di tengah perjalanan Anda mencari impian, akan dipertemukan dengan seseorang yang benar-benar cocok di hati dan ternyata adalah jodoh yang telah ditunggu-tunggu.

4 Doa Minta Jodoh Yang Sholeh Dalam Islam

1. Doa minta  jodoh Yang Pertama

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Ya Allah ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh (istri-istri) kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa.” (QS Al-Furqaan 74)

2. Doa Minta Jodoh Yang Kedua

رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

“Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.

3. Doa Minta Jodoh Yang Ketiga

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

“Ya Rabb, berikanlah kepadaku isteri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

4. Doa Minta Jodoh Yang Ke empat

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا أَخْطُبُهَ وَأَتَزَوَّجُ بِهِ وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَة

“Ya Rabb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat”.

Tidak Dengan Diam, Jodoh Bukan Delivery Order

Jadi tidak akan ada jodoh yang datang jika yang Anda lakukan hanyalah diam. Apapun itu, lakukan sambil memanjatkan do’a. Jadi, do’a bukanlah satu-satunya usaha. Jika Anda masih berkeyakinan bahwa Tuhan berkewajiban mengabulkan do’a secepat yang Anda minta, maka Anda masih perlu banyak belajar tentang nilai-nilai kehidupan. Mengarungi hidup bersama dengan jodoh yang se-iya sekata memang akan lebih menyenangkan dibandingkan sendiri, namun Anda juga tidak boleh terpaku pada angan-angan ini tanpa berusaha meraih apapun dalam hidup. Salah besar, jodoh bukan delivery order yang akan datang dan Anda menunggu dalam diam.

Jadi, usahakan untuk tidak semata-mata meminta do’a bertemu jodoh yang baik, ya! Percayalah, segala macam usaha akan membuahkan hasilnya jika dilakukan dengan sungguh. Entah cepat atau lambat, usaha Anda juga akan mendapatkan titik terang. Bahkan bisa jadi, jodoh Anda adalah seorang yang selama ini berada dekat dengan Anda sejak lama, namun Anda tidak juga menyadarinya. Banyak orang berjodoh dengan tetangga, sahabat, bahkan koleganya. Jadi yang harus Anda lakukan adalah bersikap baik pada siapa saja. Siapa tahu seorang yang justru sering Anda remehkan di masa lalu justru menjadi jodoh Anda di masa depan.

Baca Juga : Hari Baik Untuk Menikah dan Arti Mimpi Menikah

Karena jodoh bukan hanya istilah untuk pasangan hidup. Doa Minta Jodoh Yang Sholeh Dalam Islam memang berkonotasi pada do’a untuk segera menemukan pasangan hidup. Namun, dalam kehidupan seringkali Anda berjodoh untuk dipertemukan dengan orang-orang di masa lalu. Jodoh adalah rangkaian pertemuan dan perpisahan, karena itu usahakan untuk menjadi seorang yang matang, baik, dan bijak, agar tidak terlalu sering menyakiti orang-orang yang Anda temui.