Doa Minum Air Zam Zam Sesuai Sunnah Nabi SAW

WEBIslami.com – Doa Minum Air Zam Zam Sesuai Sunnah Nabi SAW saat hendak minum air zam zam. Air zam-zam adalah air yang memiliki banyak kegunaan bagi umat Muslim, salah satunya untuk mengobati penyakit.

Doa minum air zam zam berdasarkan sunnah. Air zam-zam merupakan air yang memiliki keutamaan bagi umat Muslim. Rasulullah SAW sendiri sudah banyak menjelaskan mengenai kegunaan dari air zam-zam. Dimana sebaik-baiknya jenis air yang terdapat di muka bumi, yang paling baik adalah air zam-zam, itulah yang disabdakan oleh Rasulullah SAW. Hal ini dikarenakan di dalam air zam-zam sendiri tersimpan penawar penyakit sekaligus makanan mengenyangkan bagi tubuh.

Doa Ketika Minum Air Zam Zam Sesuai Sunnah

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Rasulullah SAW di mana manfaat dan kegunaan air zam-Zam sendiri tergantung tujuan dan maksud orang Muslim ketika meminumnya. Para ulama yang terdahulu pun mengambil kesimpulan di mana Doa sesudah mengkonsumsi air zam-zam yang dibacakan merupakan doa mustajab. Selain memanjatkan doa minum air zam-zam, ada baiknya mengikuti anjuran tata cara mengkonsumsi air zam-zam berikut ini: meminum air zam-zam sembari menghadap kiblat, kemudian membaca basmalah saat sebelum minum, sesudah minum membaca tahmid. Lalu ambil nafas 3 kali sebelum minum. Hindari minum dalam sekali teguk, melainkan minum dengan 2-3 kali tegukan. Setiap minum menyebut asma Allah dan membaca doa saat minum.

Doa Minum Air Zam Zam Sesuai Sunnah Nabi SAW, Yaitu :

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء

“Allahuma inni as aluka, ‘ilman naafi’a wa rizqon waasi’am wa syifa’an min kulli da ain.”

yang artinya Ya Allah Hamba memohon kepada-Mu wahai Zat yang maha pengasih ilmu yang berguna, rizqi yang berlimpah serta kesembuhan terhadap berbagai macam penyakit.”

Ya, itulah doa minum air zam-zam yang bisa Anda bacakan saat minum air zam-zam.

Khasiat Air Zam-Zam

: كُنْتُ أُجَالِسُ ابْنَ عَبَّاسٍ بِمَكَّةَ فَأَخَذَتْنِيْ الحْمُىَ فَقَالَ أَبْرِدْهَا عَنْكَ بِمَاءِ زَمْزَمَ فإَِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ( الْحُمَى مِنْ فيَحْ ِجَهَنَّمَ فَأَبْرِدُوهَا بِالْمَاءِ أَوْ قاَلَ بِمَاءِ زَمْزَمَ ) .

Artinya : “Dari Hammam, dari Abi Jamrah ad-Duba`i, ia berkata : “Aku duduk bersama Ibnu ‘Abbas di Mekkah, tatkala demam menyerang aku. Ibnu ‘Abbas mengatakan, dinginkanlah dengan air Zam Zam, karena Rasulullah SAW mengatakan, sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahannam, maka dinginkanlah dengan air atau air Zam Zam”(Lihat Shahihul-Bukhari, 3/1190, Cetakan Dar Ibnu Katsir, al Yamamah, Beirut. Dalam riwayat yang sama, terdapat dalam Musnad Ahmad. Shuaib al Arnauth mengatakan bahwa sanadnya shahih sesuai dengan syarat shahihain. Lihat Musnad Ahmad, halaman 1/291, Cetakan Muassasah al Qurtubah, Mesir.)

Sebelum kita membahas mengenai doa minum air zam zam, ada baiknya kita ulas mengenai manfaat dan kegunaan air zam-zam itu sendiri. Keutamaan dan Manfaat Air Zam Zam sebenarnya sudah dijelaskan berdasarkan riwayat Rasulullah SAW diatas, yaitu dapat mengobati penyakit.

Khasiat lain air Zam-Zam dapat disebutkan sebagai berikut berdasarkan Sabda Nabi Muhammad SAW

عَنْ جَابِرٍ وَابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

Artinya : “Dari Jabir dan Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Air Zam-Zam, tergantung niat orang yang meminumnya. (Hadits shahih. Lihat Irwa-ul Ghalil, al Albani, 1/218)

Berdasarkan Ibnu Abbas Radhiyallau diatas, dalam sabda Rasulullah SAW berkata bahwa Air Zam-Zam tergantung dari niat saat meminumnya. Di mana jika kita meminumnya untuk dijadikan obat, maka dengan izin Allah akan menyembuhkan kita dari penyakit. Sedangkan jika kita meminumnya dengan tujuan menghilangkan dahaga, dengan izin Allah dahaga pun akan menghilang. Selain itu, air zam-zam merupakan galian malaikat Jibril serta curahan minum yang berasal dari Allah untuk Ismail. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : 9 Bahaya Akibat Sering Begadang Bagi Pria dan Wanita