Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Lengkap

Doa Naik Kendaraan merupakan salah satu Doa yang penting untuk Anda ketahui. Melakukan perjalanan merupakan sebuah pekerjaan yang sangat berisiko. Terutama untuk perjalanan jauh, risikonya sangat besar dan mempertaruhkan nyawa. Apapun kendaraan yang Anda gunakan, baik dengan menggunakan kendaraan darat, laut apapun udara. Melakukan perjalanan sangatlah berisiko, tidak jarang orang yang meninggal karena kecelakaan. Untuk itu berdoa sebelum menaiki kendaraan dan melakukan perjalanan merupakan hal yang sebaiknya dilakukan. Menurut ajaran agama silam, membaca doa sebelum melakukan perjalanan merupakan hal yang disunahkan.

Tujuan dari membaca doa tersebut adalah memasrahkan diri kepada Allah SWT atas hal yang akan terjadi nanti ketika melakukan perjalanan. Apakah itu baik ataukah buruk, maka segala sesuatunya adalah kehendak Allah SWT. Selain itu, berdoa juga bertujuan untuk meminta perlindungan atau keselamatan ketika melakukan perjalanan tersebut. Apapun jenis kendaraan yang digunakan, baik sepeda, motor, mobil, pesawat ataupun kapal laut. Keselamatan merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang, terutama ketika melakukan perjalanan. Untuk ketahuilah Doa naik kendaraan agar Anda dapat membacanya sebelum melakukan menaiki kendaraan dan melakukan perjalanan.

Sebenarnya tidak hanya ketika ingin menaiki kendaraan saja umat Muslim disunahkan untuk membaca doa. Namun segala sesuatu yang ingin dilakukan sebaiknya dimulai dengan doa agar semuanya dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. Sekalipun ada hal buruk yang terjadi maka itu adalah musibah dari Allah SWT dan Anda harus menerimanya dengan lapang dada. Doa memang memiliki manfaat dan hikmah tersendiri sehingga disunnahkan untuk dibaca sebelum melakukan apapun. Tidak hanya sebelum, sesudah melakukan juga sebaiknya membaca doa. Doa menjadi bagian hidup umat Muslim yang sulit terlepaskan.

Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Lengkap

Apapun jenis alat transportasi atau kendaraannya, yang terpenting adalah doa yang Anda panjatkan sebelum berkendara. Sebenarnya, ada banyak sekali doa-doa yang dapat Anda baca sebelum menaiki kendaraan. Salah satunya yaitu:

“ SUBHAANAL LADZI SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRININA WA INNA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUNUNA”

Yang artinya yaitu: “ Maha suci Allah memudahkan untuk ini (kendaraan) untuk kami dan kami tidak mempersekutukan untuk-Nya dan sesungguhnya kami akan kembali lagi kepada Tuhan kami”

Doa tersebut dapat Anda baca ketika Anda ingin mengendarai kendaraan darat seperti motor, mobil, sepeda, bus, becak, kereta api, delman dan kendaraan darat lainnya. Namun jika Anda ingin mengendarai kendaraan yang beroperasi di laut, hendaknya Anda membaca Doa Naik Kendaraan  Laut Lengkap berikut ini:

“BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIM”

Arti dari doa tersebut yaitu: “Dengan menyebut nama Allah yang menjalankan ini (kendaraan) berlayar dan juga berlabuh sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pemaaf Lagi Maha Pengasih”.

Itu merupakan doa yang dibaca oleh Nabi Nuh ketika beliau hendak menaiki atau memasuki kapalnya di laut. Jika Anda hendak menaiki kapal atau kendaraan laut, Anda dapat membaca doa tersebut. Doa lain yang juga dapat Anda baca yaitu:

“BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAH, LAA HAWLA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAH”.

Doa tersebut dapat Anda baca ketika hendak keluar rumah, arti dari doa tersebut yaitu :

“Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan juga kekuatan kecuali dengan-Nya”.

Jika Anda membaca doa tersebut ketika hendak keluar dari rumah maka Anda akan diberi petunjuk, dicukupkan dan juga dijaga oleh Allah SWT. Bahkan setan juga akan disingkirkan agar tidak mengganggu Anda. Menurut Hadis Riwayat Abu Daun dan Tirmidzi, setan berkata “Bagaimana mungkin kamu dapat mengganggu seseorang yang sudah mendapatkan petunjuk, dicukupkan dan juga dijaga?”.

Membaca Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara yang Lengkap memang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Doa ini perlu Anda panjatkan untuk meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Melakukan perjalanan adalah hal yang perlu dilakukan secara hati-hati, terutama untuk perjalanan jauh. Bacalah doa untuk memohon kemudahan dalam segala hal yang ingin Anda lakukan, termasuk berkendara. Selain itu bacalah doa untuk meminta dijauhkannya bahaya yang mungkin akan menghampiri Anda. Bahaya tersebut dapat datang kapan saja dan di mana saja, terutama ketika sedang berkendara.

Selain doa-doa yang sudah disebutkan, masih ada doa lain yang dapat Anda baca ketika ingin berkendara. Doa ini merupakan doa yang selalu dibaca oleh Rasulullah SAW sebelum bepergian. Rasulullah SAW membaca doa ini baik ketika bepergian melalui jalur darat, udara ataupun laut. Bunyi dari doa tersebut yaitu:

“ALLAHUMMA INNA AUDZUBIKA MINAL HARAMA WATTARODDA WALHADMI WALGHAMMA WALKHAIIQI WALGHARAQI WA A’UDZU BIKA AYYATAKHOBBATANII SYAITHONU INDALMAUTI WA ANUQTALA FII SABILIKA MUDBIRRON WA AUDZUBIKA AN AMUUTALADZIIGHAN”

Inti dari doa tersebut berarti memohon perlindungan kepada Allah dari kepikunan, kehancuran, kebakaran, tenggelam dan jatuh dari tempat tinggi. Selain itu, berdoa dengan doa ini juga memohon perlindungan dari kesurupan pada saat menjelang ajal, terbunuh disaat mundur dalam keadaan perang, dan memohon perlindungan dari kematian karena sengatan kalajengking. (HR. Nasa’i).

Doa naik kendaraan lainnya yang dapat Anda baca sebelum berkendara dan melakukan perjalanan yaitu:

“BISMILLAHI, ALHAMDULILLAHI, SUBHAANAL LADZI SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRININA WA INNA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUNUNA, ALHAMDULILLAHI, ALHAMDULILLAHI, ALHAMDULILLAHI, ALLAHU AKBARU, ALLAHU AKBARU, ALLAHU AKBARU, SUBHAANAKA INNAI DHOLAMTU NAFSII FAGHFIRLII, FAANNAHU LAYAGHFIRU DZUNUUBA ILLAANTA”

Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha suci Allah memudahkan untuk ini (kendaraan) untuk kami dan kami tidak mempersekutukan untuk-Nya dan sesungguhnya kami akan kembali lagi kepada Tuhan kami, segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar, maha suci Allah sesungguhnya aku menganiaya diriku Ya Allah, maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau, Ya Allah” (HR. Abu Dawud).

Selain itu juga riwayat yang menyebutkan doa yang sering dibaca Rasulullah Muhammad SAW ketika sebelum berkendara dan sesudah di atasnya yaitu:

“ALLAHUAKBARU, ALLAHUAKBARU, ALLAHUAKBAR. SUBHAANAL LADZI SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRININA WA INNA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUNUNA ALLAHUMMA INNAA NAS ALUKA FIISAFARINAA HADZAALBIRRO WATTAQWA WAMIN ‘AMALI MATARDHO ALLAHUMMA HAWWAN ALAINAA SAFARONAA HADZAA WATHWI ANNAA BU’DAHU ALLAHUMMA ANTASSHOHIBU FIISSAFARI WALKHOLIIFATU FIILAHLI ALLAHUMMA INNII AUUDZUBKA MIN WA’TSA ISSAFARI WAKAABATILMANDHORI WASUU ILMUNGQOLABI FIILMAALI WAL AHLI”.

Artinya : “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah memudahkan untuk ini (kendaraan) untuk kami dan kami tidak mempersekutukan untuk-Nya dan sesungguhnya kami akan kembali lagi kepada Tuhan kami, Ya Allah sesungguhnya kepada-Mu pulalah kami memohon atas kebaikan dan ketakwaan dan amal yang Kau ridhoi pada perjalanan kami ini, Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jarak yang jauh, Ya Allah, hanya Kaulah teman (yang melindungi) kami dalam perjalanan dan wakil (yang menjaga) keluarga kami, Ya Allah, sesungguhnya hanya kepada-Mu kami berlindung dari kelelahan dalam perjalanan dan keburukan pemandangan dan juga kejelekan di kala kembali, pada harta dan juga keluarga”.

Jika diperhatikan, dari beberapa doa naik kendaraan yang sudah disebutkan ada beberapa yang hampir mirip. Sebenarnya doa-doa tersebut memang hampir mirip, beberapa ada juga yang singkat dan ada pula yang lebih panjang. Bagi Anda yang ingin memohon keselamatan dan perlindungan kepada Allah SWT ketika berkendara, pilihlah doa yang Anda inginkan. Apakah doa yang singkat ataukah doa yang lebih panjang, yang terpenting adalah niat Anda memohon perlindungan kepada Allah SWT. Pasrahkan keselamatan diri Anda ketika berkendara kepada Allah SWT yang maha segalanya.

Baca Juga : 10 Tempat Yang Sunat Untuk Kumandang Adzan

Apapun kendaraan yang Anda naiki, membaca doa adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bagaimanapun, ini adalah untuk kepentingan diri Anda sendiri agar selamat sampai tujuan ketika berkendara dan melakukan perjalanan. Baik apakah itu Anda mengendarai kendaraan tersebut sendiri atau Anda menggunakan angkutan umum, sebelumnya bacalah doa untuk memohon perlindungan. Jika Anda selama ini belum pernah mengalami kecelakaan ketika berkendara, maka bersyukurlah. Bagaimanapun, mintalah perlindungan atas keselamatan Anda kepada Allah SWT. Hendaklah Anda membaca doa naik kendaraan sebelum Anda berkendara.