Doa Pengantin Baru Dalam Bahasa Arab Sesuai Sunnah Rasullullah SAW

WEBIslami.com – Doa Untuk Pengantin Baru Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya (barakallah laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fil khair) merupakan doa yang diajarkan oleh Rasullullah kepada orang yang sedang menikah.

Sudah tahukah Anda mengenai Doa Pengantin Baru yang benar dan apa tujuan dari doa untuk pengantin? Setiap manusia tentunya ingin menjadikan keluarganya menjadi keluarga yang selalu diberkahi oleh Allah S.W.T dan diberikan keharmonisan, maka dari itu doa untuk pengantin sering ucapkan. Pada dasarnya, setiap manusia yang ada di bumi sudah diciptakan dengan pasangannya. Namun bagi yang belum menemukan jodohnya, maka harus terus bersabar dan berdoa kepada Allah agar segera diberi jodoh dan dapat menikah sehingga dapat mewujudkan impian bersama pasangannya bersama-sama.

Pada umumnya, menikah merupakan salah satu tujuan hidup manusia dan Sunnah Rasullullah SAW. Namun setelah menikah, tentunya setiap hubungan tidak akan terus atau selamanya berjalan dengan mulus. Karena pada dasarnya setiap rumah tangga tentunya akan mengalami beberapa masalah. Namun agar hubungan pernikahan selalu berjalan harmonis dan romantis dengan pasangan, salah satu yang harus dilakukan adalah harus selalu saling percaya. Selain itu, hendaknya pasangan pengantin mengamalkan doa pengantin agar selalu diberkahi dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan membaca doa untuk pengantin, diharapkan rumah tangga yang dibinanya akan bahagia dunia akhirat.

Doa Pengantin yang Diajarkan Rasulullah

Mendoakan sepasang pengantin yang baru saja menikah adalah harus dalam Hukum Islam. Hal ini agar mereka beroleh keberkahan dari Allah SWT dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Lalu, Doa seperti apa yang hendaknya diucapkan oleh tamu undangan kepada mempelai yang baru saja menikah. Berikut ini adalah Doa Pengantin Baru Dalam Bahasa Arab Sesuai Sunnah Rasullullah SAW yang baru saja menikah agar dikarunia rumah tangga yang sakinah mawwadah warrahmah.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Barakallah laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fil khair”

Artinya: Semoga Allah S.W.T memberi anugerah barakah kepadamu. Selanjutnya semoga Allah S.W.T juga memberi anugerah barakah atasmu dan menghimpun kalian berdua di dalam hal kebaikan.

Doa untuk pengantin baru tersebut merupakan doa yang ucapkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya dan juga anaknya Fatimah. Dengan begitu, sebagai umat Islam kita patut meneladani apa yang dicontohkan oleh Rasulullah. Terkait dengan doa tersebut, ada pula doa yang dilarang oleh Rasull untuk diucapkan. Doa tersebut adalah semoga bahagia dan banyak anak.

Mengucapkan doa selamat bahagia dan banyak anak sebenarnya belum diketahui sebabnya. Wallahualam bissawab. Namun demikian, kita sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah hendaknya dapat mengambil hikmah dari tujuan larangan tersebut. Hikmah yang bisa didapat adalah kita dapat mengetahui bagaimana sejatinya doa yang benar diucapkan kepada pasangan pengantin yang baru saja menikah. Selain itu, kita lebih mengetahui bahwa doa yang dilarang dan tidak boleh diucapkan oleh sepasang pengantin. Dengan begitu, sebagai manusia yang beriman kita akan mengucapkan doa pengantin yang dianjurkan dan memperoleh pahala mendoakan.

Bisa jadi, doa yang dilarang tersebut karena terkait tak semua rumah tangga nantinya akan dikaruniai banyak keturunan atau anak. Atau, mungkin saja doa tersebut mengandung sesuatu yang tidak baik bagi pasangan pengantin yang menikah. Maka sudah sepatutnya kita berbaik sangka terhadap apa yang diajarkan Rasulullah meskipun kita belum mengetahui alasan dilarangnya ucapan tersebut secara pasti. (Baca : Nama yang Dilarang dalam Islam)

Para ulama di tanah air sendiri sudah menjelaskan bahwa hukum untuk mendoakan pengantin dengan doa tersebut diatas adalah makruh. Meskipun demikian, larangan tersebut tidak haram karena di dalam hadis yang lainnya Rasullullah SAW sangat bangga dengan jumlah umatnya yang lebih banyak dibandingkan umat nabi sebelumnya, yang mana ini artinya umat Rasul banyak yang memiliki keturunan atau anak. Selain itu, bahagia di dalam pernikahan bukan sesuatu yang dilarang, akan tetapi mendoakan pengantin dengan ucapan tersebut memang kurang tepat. Maka dari itu, jika Anda akan mendoakan seorang pengantin, ucapkanlah Doa Pengantin barakallah laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fil khair yang telah diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Doa Pengantin untuk Kelanggenan Rumah Tangga

Seperti yang kita ketahui bahwa proses kehidupan berumah tangga tidak selalu akan diwarnai oleh hal yang indah dan disukai namun ada kalanya pasangan tersebut akan menemukan hal yang tidak disukai. Di dalam kehidupan berumah tangga akan ditemui dua hal, yakni menemukan dan mengalami hal yang diinginkan pasangan dan tidak mengalami hal yang tidak diinginkan oleh pasangan. Sebagaimana terkadang menemui hal yang bisa membuat hati menjadi senang namun juga terkadang mengecewakan. Meskipun demikian, setiap pasangan rumah tangga tentu menginginkan menjadi pasangan yang barakah. Maka dari itu, sebagai tamu undangan, doakanlah pengantin dengan doa pengantin Sesuai Sunnah Rasullullah SAW yang benar yang mengandung arti bahwa semoga Allah S.W.T menganugerahkan barakah kepada kalian yang menikah.

Di dalam doa untuk pengantin yang diajarkan oleh Rasullullah S.A.W, dalam bahasa Arab ada kata laka dan ada ‘alaika. Meskipun keduanya mengandung keberkahan yang selalu diminta, namun keduanya mempunyai preposisi yang berbeda. Maknanya menjadi barakah kepada hal yang disenangi dan hal yang tidak disenangi. Sehingga mendoakan pengantin dengan doa pengantin yang benar maka akan mendapatkan sebuah keberkahan baik ketika kondisi mereka sangat senang maupun sebaliknya. Contohnya ketika rejekinya diluaskan maka akan merasa senang dan harus bersyukur dengan infaq. Dan ketika mereka di dalam suatu kesulitan ekonomi maka mereka harus bersikap sabar dan ikhlas.

Rasulullah SAW memberikan anjuran kepada umatnya untuk mendoakan pasangan pengantin dengan Bacaan doa pengantin yang tepat. Karena pada dasarnya setiap pernikahan belum tentu akan mempunyai banyak anak dan setelah menikah tidak selalu memberikan kehidupan yang bahagia akan tetapi pasti akan ada cobaan yang menerjang dan datang. Sebaiknya setelah menikah, kedua pasangan saling percaya. Selain itu, hendaknya setiap pasangan menerima kelemahan dan kelebihan pasangan masing-masing. Karena hakekatnya di dunia ini tidak ada yang sempurna, melainkan Allah SWT.

Doa pengantin bukan hanya doa yang sekedar diucapkan sebagai arti untuk menempuh hidup baru saja, namun doa untuk pengantin ini sebagai doa. Sebagai seorang Muslim kita harus saling mendoakan, karena ketika saling mendoakan Allah S.W.T akan memberikan keberkahan kepada pasangan pengantin dan yang mendoakan. Sedangkan bagi pasangan pengantin tersebut dengan selalu berdoa maka diharapkan dapat selalu bersama-sama dalam melangkah mengarungi rumah tangga dan selalu berjalan di jalan yang diridhai oleh Allah SWT.

Baca Juga : Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

Demikian penjelasan mengenai Doa Pengantin Baru Dalam Bahasa Arab Sesuai Sunnah Rasullullah SAW yang sebaiknya diucapkan kepada pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Semoga bermanfaat untuk Anda.