Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap Tulisan Arab Dan Artinya

WEBIslami.com – Doa Setelah Sholat Fardhu dalam tulisan bahasa arab dan Artinya tidak hanya sekadar lafalan doa saja, melainkan juga terdapat banyak keutamaan yang sangat berguna bagi manusia ketika telah melafalkannya.

Doa Setelah Sholat Fardhu yang Lengkap sudah tidak asing lagi bagi kita umat Islam yang beriman kepada Allah SWT. Tidak hanya di Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia. Seperti yang Anda ketahui bahwa, sholat fardhu merupakan kewajiban yang harus umat Muslim lakukan. Sholat fardhu terdiri dari 5 waktu yang dikerjakan secara terpisah, yaitu sholat subuh, sholat dhuhur, sholat asar, sholat maghrib dan sholat isya. Yang mana, tiap-tiap sholat fardhu tersebut berbeda-beda rakaatnya yaitu sholat subuh dikerjakan sebanyak 2 rakaat, dhuhur 4 rakaat. Asar 4 rakaat, maghrib 3 rakaat dan isya 4 rakaat.

Sholat fardhu ini memiliki keutamaan yang sangat baik untuk kita semua. Oleh sebab itulah, sholat fardhu wajib dikerjakan tanpa terlewati. Ada berbagai macam keutamaan dan juga keunggulan dari sholat fardhu, seperti pada doa setelah sholat fardhu. Doa ini merupakan doa pelengkap selain permohonan manusia kepada Tuhan. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil ketika Anda menjalankan sholat fardhu bersama dengan doanya.

Berikut ini Doa Setelah Sholat Fardhu Tulisan Arab Dan Artinya.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرِّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji-pujian, dan bagi-Mu-lah segala syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ.

Artinya :
Wahai Allah Azza Wajalla, limpahkanlah rahmat dan kesejahtraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke dalam derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah SWT) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai zat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ.

Artinya :
Ya Allah ya Tuhan Kami! Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan juga akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat kami sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah ya Tuhan Kami!! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab nantinya.

اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

Artinya :
Ya Allah ya Tuhan Kami! Sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur

اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَيُسْتَجَابُ لَهَا.

Artinya :
Ya Allah ya Tuhan Kami! Sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak kenal puas dan dari doa yang tidak terkabul.

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Artinya :
Ya Allah ya Tuhan Kami!Aampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa kedua orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya :
Ya Allah ya Tuhan Kami! Perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :
Ya Allah ya Tuhan Kami! Berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :
Semoga Allah SWT memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam

Manfaat dari doa setelah sholat fardhu yang Lengkap ini bisa Anda dapatkan jika Anda menjalankannya. Manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti Anda dipermudah dalam urusannya di dunia, rejeki Anda semakin berlimpah, dan tentunya Anda akan mendapatkan pahala dari sang maha pencipta. Tentunya Anda bisa memilih dari berbagai jenis doa setelah sholat fardhu yang menurut Anda mudah dan Anda tidak kesulitan dalam melafalkannya. Namun sebenarnya sudah sepatutnya Anda menghafalkan dan memahami dari doa-doa yang ada. Doa diatas dapat juga ditambah dengan Doa Selamat Dunia Akhirat

Memang kesulitan yang Anda alami pasti dari segi bahasa yang ada dalam doa umat Muslim ini bukan. Meski doa-doa ini menggunakan tulisan dalam bahasa Arab, ada keunggulan tersendiri jika Anda bisa menghafalkan dan juga memahami arti dari berbagai macam Doa setelah sholat fardhu yang Anda lafalkan tersebut. Anda akan bisa sedikit demi sedikit mengerti dan memahami bahasa Arab hanya dari doa saja. Kali ini akan membahas beberapa jenis doa setelah sholat fardhu yang bisa Anda laksanakan di dalam keseharian Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat memahami dan juga mengerti mengenai isi dari doa setelah sholat fardhu yang Anda lafalkan tersebut. Dengan begitu Anda akan lebih yakin lagi ketika melafalkannya dan meminta sesuatu pada sang pencipta.

Inilah beberapa Keutamaan doa setelah sholat fardhu yang bisa Anda lafalkan, untuk menyempurnakan ibadah Anda sehari-hari. Memang ini bukan lah suatu kewajiban, akan tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda kerjakan setiap harinya. Pasti Anda akan mendapatkan keberkahan yang berlimpah dari Allah SWT. Di bawah ini terdapat manfaat dari doa setelah sholat fardhu yang bisa Anda ketahui. Diharapkan apabila Anda mengetahui manfaat ini Anda bisa dengan lancar melafalkan doa setelah sholat fardhu setiap harinya.

1. Pengampunan dosa diri sendiri beserta orang di sekitar Anda

Ada beberapa lafalan doa setelah sholat fardhu yang berisi mengenai permintaan pengampunan atas dosa yang telah dilakukan oleh Anda maupun orang di sekitar Anda bak keluarga dan juga sanak saudara lainnya. Memang namanya manusia tidak pernah luput dari kesalahan, meski Anda sudah mengerti apa yang sebenarnya menjadi perintah dan larangan Allah SWT, Anda pasti tetap menjalankan larangannya meski dalam keadaan yang tidak sadar. Untuk itulah, ketika Anda selesai melaksanakan sholat fardhu setiap harinya, ada baiknya Anda melafalkan doa tertentu agar dosa Anda diampuni oleh Allah. Semoga kita tidak termasuk dalam Orang Islam Yang Diusir Oleh Nabi Muhammad di Padang Mahsyar. Amin ya Allah.

2. Diberikan tambahan ilmu pengetahuan

Selain untuk meminta ampun mengenai dosa yang telah Anda perbuat, Anda juga bisa berdoa agar Anda diberikan ilmu pengetahuan. Anda tidak boleh sombong dengan ilmu pengetahuan yang sudah Anda miliki. Meski begitu, Anda pasti memiliki pengetahuan yang belum Anda ketahui sebelumnya, seperti memahami perilaku orang lain, menahan diri agar bisa lebih bersabar, menjadi pribadi yang lebih baik. Itu semua adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang sebenarnya belum bisa Anda kuasai secara utuh. Untuk itulah, Anda bisa melafalkan doa setelah sholat fardhu yang isinya mengenai meminta ilmu pengetahuan kepada sang pencipta. Dengan begitu Anda akan diberikan ilmu pengetahuan yang lebih oleh sang pencipta.

3. Dimudahkan dalam semua urusan

Untuk dapat melakukan segala urusan Anda di dunia dengan baik, tentu itu perkara yang sangat Anda inginkan bukan. Urusan di dunia yang melibatkan berbagai macam jenis manusia yang belum tentu Anda ketahui, bisa jadi itu merupakan suatu penghambat yang tanpa Anda sadari menghambat urusan Anda dan juga merugikan Anda baik secara materi maupun tenaga. Untuk itulah, Anda berserah diri kepada sang pencipta. Lakukanlah sholat fardhu tanpa ada kata tertinggal, lalu Anda lafalkan doa setelah sholat fardhu yang berisi mengenai kemudahan urusan Anda. Dengan begitu, bukan tidak mungkin Allah akan mempermudah urusan Anda dengan cepat. Tidak ada yang tidak mungkin bagi sang pencipta, untuk itu Anda harus percaya dan melaksanakannya.

4. Diberikan kebaikan selama di dunia dan juga akhirat

Sudah diketahui bahwa manusia akan hidup di akhirat ketika masa hidup di dunianya sudah habis atau meninggal. Anda pastinya sudah mengetahui bahwa apabila Anda hidup di akhirat nanti pasti akan dipertanyakan segala amalan yang telah Anda lakukan selama di dunia. Apabila Anda sedikit melakukan amalan, maka Anda akan dimasukkan ke dalam neraka. Juga apabila Anda banyak melakukan amalan, maka Anda akan di masukkan ke dalam surga yang sangat nikmat. Dengan begitu, siapa yang ingin tinggal di neraka yang penuh siksaan bukan. Anda bisa melafalkan doa setelah sholat fardhu yang berisi mengenai permintaan kebaikan di dunia dan dijauhkan dari api neraka ketika di akhirat nanti. Bukan tidak mungkin Allah akan mengabulkannya, Anda sudah sewajarnya berdoa dan berusaha melakukan yang terbaik.

5. Diberikan kelancaran rejeki

Hidup di dunia pastilah memerlukan sandang, papan dan juga pangan bukan. Anda pasti sudah mengetahui hal tersebut. Setiap manusia juga sudah diberikan garis rejekinya masing-masing, untuk itu sebenarnya tidak boleh saling iri antara sesama manusia, sebab Allah SWT sudah menciptakannya sedemikian rupa. Namun setiap manusia diperbolehkan untuk berusaha agar memiliki kehidupan yang lebih baik asal dari cara yang benar, termasuk Anda. Anda bisa berusaha untuk menambah rejeki Anda, bisa berusaha dengan bekerja dan juga berdoa. Untuk itu, Anda bisa melafalkan doa setelah sholat fardhu yang berisi mengenai permintaan kelancaran rejeki pada Anda.

Baca Juga : Doa Menjenguk Orang Sakit Beserta Artinya

Itulah beberapa Keutamaan yang bisa Anda ambil dari doa setelah sholat fardhu. Tentu sangat banyak bukan, terlebih keseluruhan dari itu memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan Anda. Dengan begitu, tidak ada yang bisa membuat Anda untuk tidak melafalkan Doa Setelah Sholat Fardhu Tulisan Arab Dan Artinya lagi bukan, mengingat banyak sekali Keutamaan Dalam Islam yang bisa Anda dapatkan hanya dengan melafalkan beberapa doa saja.