Keutamaan dan Manfaat Doa Sholat Tahajud

WEBIslami.com – Doa sholat tahajud merupakan salah satu doa yang dipanjatkan pada saat sholat malam yang memiliki arti doa berupa pemasrahan diri dan meminta ampunan atas dosa.

Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan untuk setiap umat Islam. Bahkan perintah untuk melaksanakan sholat berkali-kali disebutkan di dalam kitab suci Al-Qur’an. Sholat yang wajib dilaksanakan adalah Sholat Fardhu 5 waktu, namun selain sholat wajib ada beberapa sholat lain yang disunnahkan untuk dilakukan. Hal tersebut untuk menambah pahala yang didapat dari mengerjakan sholat sunnah. Salah satu ibadah sholat sunnah yang lebih baik dikerjakan adalah sholat tahajud yang termasuk dalam kategori sholat qiyamul lail yang dikerjakan bersama dengan Sholat tahajud untuk mendapatkan pahala.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa sholat tahajud merupakan salah satu dari sholat qiyamul lail. Mengapa dikatakan demikian? Karena Sholat tahajud ini memang dilakukan pada saat malam hari. Ada beberapa waktu yang bisa digunakan dalam melaksanakan sholat tahajud. Namun, untuk melaksanakan sholat ini ada salah satu syarat yang harus terpenuhi, yaitu kita telah bangun tidur pada malam hari.

Beberapa waktu yang diperbolehkan untuk melaksanakan sholat tahajud ini adalah pada waktu selepas isya, tengah malam dan pada saat sepertiga malam terakhir yaitu antara pukul 01.00 sampai dengan hampir masuk waktu subuh. Namun, banyak pendapat yang menyatakan bahwa waktu yang paling baik dan afdhol dalam mengerjakan sholat tahajud. Karena pada waktu tersebut, akan banyak malaikat yang turun ke bumi dan doa sholat tahajud yang dipanjatkan berpeluang besar dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, melaksanakan sholat tahajud juga akan mendapatkan pahala yang cukup besar.

Selain itu, KeutamaanSholat Tahajud ini akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Sholat yang dikerjakan minimal 2 rakaat dan tanpa batasan maksimal rakaat ini, telah dipercaya membawa kesehatan bagi yang melaksanakannya. Tidak hanya kesehatan yang dirasakan oleh tubuh, namun juga kesehatan yang dirasakan oleh jiwa. Anda yang sering melaksanakan sholat tahajud ini akan merasakan kedamaian hati dan jiwa, karena Anda melaksanakan sholat disaat hening malam dimana umat manusia tengah tertidur lelap. Anda yang sering melaksanakan sholat tahajud akan lebih bisa mengontrol emosi yang berpengaruh terhadap jiwa Anda.

Baca : Inilah Orang Islam Yang Diusir Oleh Nabi Muhammad di Padang Mahsyar

Selain itu, ada beberapa  Manfaat Sholat Tahajud yang bisa kita dapatkan dari mengerjakan sholat tahajud secara teratur. Diantaranya adalah:

1. Dapat menghapus dosa serta menjauhkan diri dari perbuatan dosa.

Rutin melaksanakan sholat tahajud akan menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa, apa ia perbuatan Dosa Berciuman. Karena sholat malam merupakan salah satu sholat yang cukup sulit dikerjakan, dan hanya mampu dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keimanan yang kuat. Oleh karena itu, ganjaran dari melaksanakan sholat tahajud adalah dosa terhapuskan.

2. Kesehatan yang lebih baik

Dengan melaksanakan sholat malam secara teratur, akan membuat kesehatan menjadi lebih teratur. Hal tersebut karena, tubuh mendapatkan udara segar pada sepertiga malam. Selain itu, gerakan sholat yang dilakukan dengan tenang dan teratur, akan berpengaruh terhadap peredaran darah yang lebih lancar serta paru-paru yang lebih longgar.

3. Mendapat keringanan pada saat yaumul hisab di hari akhir

Keutamaan lain yang kita dapat saat menjalankan sholat tahajud adalah mendapatkan keringanan pada hari hisab atau hari perhitungan di hari akhir. Dengan memanjatkan doa sholat tahajud di sepertiga malam dan meminta untuk diringankan hisabnya, maka niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa orang sholeh yang rela terbangun dari tidurnya untuk beribadah pada sang pencipta.

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa dipetik dari sholat tahajud, dan masih banyak manfaat lainnya seperti pikiran yang lebih jernih, mendapatkan sinar wajah takwa, serta mendapatkan cinta dari Allah SWT. Dengan mengetahui beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari sholat tahajud, apakah saat ini kita akan mulai mengerjakan sholat tersebut minimal sekali seminggu? Dengan memulai sholat tahajud dari dini akan membiasakan diri kita untuk selalu terbangun pada sepertiga malam, dan kita akan haus dan butuh dalam melaksanakan sholat tahajud.

Untuk lebih afdholnya, alangkah lebih baik kita membacakan Doa Sholat Tahajud dengan khusyu dan berpasrah diri pada Allah SWT. Sejatinya, kita bisa memanjatkan doa apa saja ketika melaksanakan sholat tahajud. Kita bisa meminta kesehatan, keberkahan rezeki, kelapangan pintu rezeki bahkan untuk soal jodoh juga bisa Anda pinta dan panjatkan pada Allah SWT. Namun, ada doa khusus yang bisa kita panjatkan saat sedang melaksanakan sholat tahajud. Doa yang diawali dengan berbagai puji-pujian bagi Allah SWT dan tak lupa salawat pada Nabi Muhammad SAW. Doa ini memiliki berbagai macam permohonan dan permintaan yang apabila diucapkan dengan khusyu dan pasrah niscaya akan diijabah oleh Allah.

Doa sholat tahajud yang bisa kita panjatkan memiliki arti dan makna yang cukup dalam. Doa ini memang termasuk doa yang sedikit panjang, namun jika kita memanjatkan doa ini dengan sungguh-sungguh niscaya apa yang kita kehendaki akan segera dikabulkan. Doa ini diawali dengan segala puji-pujian bagi Allah SWT sebagai pemilik dari cahaya langit serta bumi dengan seluruh isinya. Ditambah dengan puji-pujian kepada Allah SWT yang mengurus langit serta bumi dengan segala isinya dan juga menguasai seluruh langit dan bumi beserta segala isinya. Puji-pujian tersebut disambung dengan keyakinan kita kepada Allah SWT bahwa ialah pemilik bumi dan langit. Bahwa segala janji dan firman Allah SWT adalah benar.

Keyakinan tersebut diperkuat dengan bahwa bertemu dengan Allah SWT pada suatu hari adalah sebuah kebenaran, bahwa surga adalah benar adanya, neraka juga benar adanya, Nabi dan Rasul juga adalah benar. Demikian dengan hari kiamat juga adalah kebenaran. Setelah kita meyakini akan kebenaran yang diberikan dan dijanjikan oleh Allah SWT, doa tersebut disambung dengan kepasrahan diri kita bahwa kita berjanji akan selalu bertawakal pada Allah SWT, akan selalu pasrah padaNya, akan selalu beriman padaNya, dan bertaubat hanya padaNya dari segala dosa.

Doa tersebut disambung dengan permintaan untuk selalu diberi kekuatan dan pertolongan pada saat menghadapi orang kafir dan diakhiri dengan permohonan ampun atas dosa yang telah dilakukan pada masa lalu atau dosa yang belum dikerjakan. Dan ditutup dengan penyerahan diri seutuhnya pada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang patut disembah, dan hanya padaNya kita kembali. Demikianlah arti dan makna dari doa yang kita panjatkan pada saat sholat tahajud yang penuh dengan kepasrahan diri dan permintaan permohonan ampun pada Allah SWT.

Doa sholat tahajud merupakan salah satu rangkaian sholat tahajud yang sebaiknya tidak kita sia-siakan. Karena sepertiga malam adalah salah satu waktu dimana doa kita berpeluang besar untuk di ijabah oleh Allah SWT. Mintalah apapun kepada sang Maha Kuasa, dan Allah SWT akan memberikan kamu balasan doa sesuai apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang kamu inginkan. Allah SWT senantiasa mengetahui apa yang terbaik bagi hambaNya, dan selalu mengikuti prasangka hambaNya.

Baca Juga : Nama yang Dilarang dalam Islam Untuk Laki-Laki dan Perempuan