Keutamaan dan Manfaat Puasa Nabi Daud

Apa Sih Pengertian, Fahillah, Keutamaan dan Manfaat Puasa Nabi Daud itu ? Sebenarnya sudah dijelaskan lewat beberapa hadits Nabi Muhammad SAW. Pengertian Puasa Daud adalah puasa yang dilakukan secara selang seling, yakni sehari berpuasa kemudian sehari lagi tak berpuasa. Adapun contoh kasusnya adalah jika hari ini Anda berpuasa maka di keesokan harinya tak berpuasa, kemudian di hari berikutnya Anda menjalankan puasa kembali. Jadi puasa Daud ini yaitu puasa yang dilakukan secara berselang seling. Dalam Hukum Islam, melakukan puasa Daud ini adalah sunnah. Untuk itu, barang siapa yang menjalankannya, maka ia akan memperoleh pahala dan untuk orang yang meninggalkannya tidak akan mendapat dosa.

Keutamaan Dari Puasa Nabi Daud Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Keutamaan puasa Daud sendiri dijelaskan dalam beberapa hadist. Menurut Abdullah bin Amr bin Al Ash sendiri berkata dimana Rasulullah Saw bersabda:

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya : “Sebaik-baiknya ibadah shalat di hadapan Allah SWT yaitu shalat yang dilaksanakan Nabi Daud AS. Sebaik-baiknya ibadah puasa di hadapan Allah SWT yaitu puasa Daud. Dimana Nabi Daud dulu tidur pada pertengahan malam lalu belia shalat pada waktu sepertiga malamnya kemudian tidur kembali di waktu seperenamnya. Puasa Daun adalah puasa sehari lalu di hari berikutnya tidak berpuasa secara berselang-seling, (HR.Bukhari).

Keutamaan atau Fahillah puasa Daud lainnya berdasarkan Riwayat lainnya dari HR. Bukhari dan Muslim, dimana Rasulullah SAW bersabda :

لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

Artinya : “Tak ada ibadah puasa yang paling afdhol dari pada puasa Daud. Dimana Puasa Daud itu sendiri artinya telah berpuasa sebanyak separuh tahun sebab sehari berpuasa lalu sehari lagi tidak berpuasa begitu pun seterusnya.” (HR. Bukhari no. 6277 dan Muslim no. 1159).

Berdasarkan hadis-hadis di atas dalam Fiqh Ibadah, diterangkan bahwa hadits tersebut dengan tegas menunjukkan dimana puasa Daud sendiri merupakan sebaik-baiknya ibadah puasa. Tak hanya itu, puasa Daud merupakan ibadah puasa yang paling utama dibandingkan puasa yang dilakukan sepanjang tahun. Akan tetapi, puasa Daud sendiri dilakukan seseorang yang mampu.

Manfaat Puasa Nabi Daud Untuk Kesehatan

Di samping keutamaan puasa Daud yang sudah dijelaskan diatas, ternyata banyak pula ahli medis yang menjelaskan mengenai manfaat dan khasiat dari puasa Daud. Berdasarkan hasil penelitian di atas, Berikut Web Islami Menjelaskan beberapa manfaat puasa sunah Daud di antaranya sebagai berikut:

  1. Berpuasa mempunyai manfaat dimana fisik maupun mental seseorang yang melakukan puasa menjadi terasa lebih baik, menjadi lebih muda, menstabilkan tekanan darah, membersihkan badan, menurunkan kadar kolesterol/lemak, mempertajam fungsi indrawi, mengendorkan jiwa yang tegang serta menghambat penuaan dini. Adapun manfaat ini dijelaskan oleh Allana Scot.
  2. Berdasarkan penjelasan Ahmed Akadi dan Riyad Albiby, berpuasa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap penyakit sebab fungsi dari sel limfa sendiri menunjukkan peningkatan produksi dari sel limfosit T.
  3. Berdasarkan Dr. Yuri Nikolayev, menjelaskan bahwa berpuasa mempunyai khasiat untuk membuat seseorang lebih awet muda baik secara spiritual, mental maupun fisik.
  4. Berdasarkan penjelasan Jalal Saour sendiri, berkurangnya cairan ketika berpuasa dapat menurunkan kinerja dari jantung, hal ini bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah yang menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit jantung.
  5. Berdasarkan penjelasan Alvenia M Fulton, Puasa memiliki manfaat mampu menghasilkan daya pikat dan kelembutan pesona seseorang. Di samping itu, puasa pun mampu mempercantik kealamian seorang wanita sebab bisa menormalkan semua fungsi kewanitaan serta bisa membentuk tubuh lebih indah.

Hukum Puasa Daud Jika Bertemu Dengan Puasa Sunnah Lainnya

Untuk melaksanakan puasa Daud sendiri seseorang wajib memperhatikan hukum-hukum beserta hadits yang dijelaskan lainnya. Contohnya saat memasuki bulan suci Ramadhan, tentunya seseorang tak mungkin bisa menjalankan puasa sunah Daud ini, sebab setiap Muslim diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan karena hukumnya fardhu serta tak bisa diniatkan dengan jenis puasa lainnya, entah itu sunah ataupun fardhu lainnya.

Saat memasuki waktu yang diharamkan berpuasa, pastinya serang Muslim tak dapat melakukan puasa Daud di hari itu juga, misalnya saja di hari tasyriq dan 2 hari raya. Setiap Muslim wajib meninggalkan puasa di hari-hari tersebut. Mereka tak boleh berpuasa meskipun itu melakukan puasa Daud sekalipun. Saran dari Kami selaku Pengelola Website WebIslami.com, Tanyakan yang tidak mengerti pada Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah… Bukan pada Ulama dari Aliran Wahabi. Terima Kasih

Keutamaan Lainnya : Keutamaan Puasa Senin Kamis dan keutamaan puasa Rajab

Itulah beberapa manfaat, hukum dan keutamaan puasa Daud yang patut anda ketahui.