Keutamaan Sedekah Menurut Rasulullah SAW

WEBIslami.com – Keutamaan sedekah dalam Islam dan manfaatnya rupanya luar biasa, baik didunia apalagi di akhirat. Ada banyak Keutamaan bagi yang suka bersedekah Menurut Rasulullah SAW.

Keutamaan sedekah dalam Islam itu seperti apa? Banyak orang yang meski termasuk orang mampu, tapi tidak mau bersedekah ketika tahu ada banyak orang di luar sana yang kurang mampu. Ada banyak keutamaan yang dijanjikan oleh Allah SWT bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Orang-orang seperti ini akan dimuliakan oleh Allah SWT dan mereka akan mendapat balasan luar biasa dari Allah SWT. Sedekah ternyata memiliki keutamaan yang besar . Ada banyak dalil yang bisa kita temukan, keutamaan serta keberuntungan para umat muslim yang tidak pernah melewatkan sedekah. Dengan mengetahui keutamaannya, kiranya kita bisa menjadi orang yang lebih sadar untuk melakukan sedekah di manapun.

Keutamaan Sedekah Dalam Islam Menurut Rasulullah SAW

1. Pahala Berlipat Ganda

Allah SWT dalam ayatnya menyebutkan bahwa pahala orang yang suka sedekah akan dilipatgandakan. Allah SWT berfirman:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

2. Naungan di Hari Akhir

Orang-orang yang bersedekah tidak perlu takut akan orang yang berbuat buruk kepadanya, karena Allah SWT akan selalu memberikan perlindungan dan naungan, bahkan saat di hari akhir nantinya. Rasulullah SAW menjelaskan tentang adanya 7 tipe manusia yang memperoleh naungan di hari akhir yang di mana di hari itu tidak akan ada naungan lain yang bisa didapatkan selain dari Allah Ta’ala. Salah satu jenis amalan itu merupakan manusia yang  gemar bersedekah dan melakukannya dengan menggunakan tangan kanannya.

رجل تصدق بصدقة فأخفاها، حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه

“Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalannya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

3. Menghapus Dosa-dosa

Rasulullah SAW bersabda:

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Berdasarkan Hadits tersebut, Keutamaan Dalam Islam tentang sedekah ini adalah perbuatan dosa dapat dihapus dengan bersedekah, sebagaimana api bisa dipadamkan oleh air. Tapi tentunya bukan hanya sedekah sendiri yang bisa kemudian menghapus dosa, tapi sedekah yang juga disertai dengan bertaubat, baru setelah itu dosanya benar-benar mendapat pengampunan. Ada hal yang tidak dibenarkan, yaitu orang-orang yang dengan sengaja merencanakan hal-hal buruk (berbuat curang, mencuri, merampok, memakan riba, korupsi, dan mengambil harta anak yatim) dan sebelum melakukan hal-hal tersebut ia sudah berniat untuk bersedekah demi menghapus dosa-dosa tersebut. Orang seperti ini sebenarnya sudah tahu kalau yang dilakukannya itu salah, tapi malah seenaknya; maka, ini dianggap sebagai dosa besar.

Allah Ta’ala berfirman:

أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ

“Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah SWT? Tiada yang merasa aman dan azab Allah  SWT kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf: 99)

Keutamaan Bersedekah Khususnya di Hari Jumat

Sama halnya dengan Keutamaan Ayat Kursi. Keutamaan sedekah hari Jumat tampaknya membuat beberapa orang penasaran dan ingin tahu apa keistimewaan hari Jumat sehingga bersedekah di hari tersebut dianggap baik.

As-Syarbini – ulama Syafi’iyah Dalam kitabnya al-Iqna fi Halli Alfadz Abi Syuja’, beliau menjelaskan tentang keutamaan bersedekah dihari jumat.

ويسن كثرة الصدقة وفعل الخير في يومها وليلتها، ويكثر من الصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم في يومها وليلتها لخبر: إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة، فأكثروا علي من الصلاة فيه، فإن صلاتكم معروضة علي

Dianjurkan untuk memperbanyak sedekah dan beramal soleh dihari jum’at atau malam jum’at. Memperbanyak shalawat untuk Rasulullah SAW di malam atau juga siang hari jum’at. Berdasarkan hadits: “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untuk-ku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (al-Iqna’, 1/170)

Seperti kita ketahui, seseorang ketika sudah mencapai kesuksesan atau setidaknya sedang mengejar karir dan cita-cita bakal sangat sulit untuk bersedekah. Batin selalu galau meski hanya untuk mengeluarkan uang Rp 20 ribu. Karena sering terjadinya perang batin, Rasulullah SAW menyatakan bahwa nilai dari sedekah dari orang mudah yang penuh impian menjadi lebih afzal dibandingkan dengan sedekah lainnya.

Baca Juga : Keutamaan dan Makna Doa Qunut Sholat Subuh

Tags: