Keutamaan Surat Al Kahfi di Baca Pada Hari Jumat

Inilah Manfaat dan Keutamaan surat Al Kahfi yang dibaca pada hari Jumat untuk anda lengkap dengan dalil Hadits Rasululllah SAW. Seperti kita ketahui, hari Jumat adalah hari yang paling mulia. Adapun bukti kemuliaannya yaitu dengan ditakdirkannya berbagai kejadian besar di hari tersebut oleh Allah SWT. Di samping itu, ada beberapa jenis amal ibadah khusus di malam maupun siang harinya di hari Jumat, terutama pelaksanaan dari shalat Jumat beserta amalan-amalannya.

Adapun sabda Rasulullah SAW mengenai hari Jumat ini,

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

“Sesungguhnya hari paling afdhal di antara hari lainnya yaitu hari Jum’at. Di hari inilah Adam diciptakan lalu diwafatkan, serta pada hari ini pulalah akan ditiupkan sangkakala serta terjadinya kematian semua makhluk Allah.” Berdasarkan HR. An Nasai, Abu Dawud, Al Hakim, Ahmad, dan Ibnu Majah menurut hadis Aus bin Aus.

Amal Khusus Pada Hari Jumat

Sebenarnya, tak tidak diharuskan untuk mengkhususkan suatu ibadah di malam Jumat maupun siangnya, termasuk puasa, tilawah, shalat dan amalan yang lainnya yang tak biasa dilakukan di hari-hari lainnya. Terkecuali, terdapat dalil khusus untuk memerintahkannya. Menurut hadits yang berasal dari Abu Hurairah ra, dimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

لَا تَخُصُّوا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِي ، وَلَا تَخُصُّوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الْأَيَّامِ ، إلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ

“Janganlah kamu mengkhususkan ibadah di malam Jumat baik untuk melakukan shalat dibandingkan malam-malam yang lainnya, lalu janganlah mengkhususkan ibadah di siang hari pada hari Jumat untuk melakukan puasa dibandingkan hari-hari yang lainnya, terkecuali hal ini bertepatan dengan ibadah puasa yang umumnya dilakukan salah seorang dari kalian.” (HR Al-Nasai, HR.Muslim, Ahmat, dan Al-Baihaqi).

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi

Keutamaan Membaca surat Al-Kahfi yang dibacakan pada hari Jumat sendiri termasuk salah satu keistimewaan ibadah khusus di hari Jumat. Adapun hal ini berdasarkan dalil-dalil Hadits Rasulullah SAW yang shahih seperti berikut ini:

  1. Berdasarkan Abu Sa’id Al-khudri ra, dari sabda Nabi Muhammad SAW: “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi di malam Jumat, akan dipancarkan cahaya padanya sejauh di antara dirinya bersama Baitul Atiq.” (HR. Al Nasai, Al Hakim, dan Al Albani).
  2. Berdasarkan Ibnu Umar ra, dimana Rasulullah SAW bersabda: “Sapa pun yang telah membaca surat al-kahfi di hari Jumat, akan terpancar cahaya di bawah kakinya hingga ke langit, yang akan meneranginya nanti di hari kiamat kelak, serta akan diampuni dosa yang dilakukannya antara 2 Jumat.”
  3. Riwayat yang lainnya berdasarkan Abu Said al-Khudri ra, “Barang siapa yang membaca surah al Kahfi di hari Jumat akan dipancarkan sebuah cahaya untuknya di dua Jumat.” (Berdasarkan HR. Al-Baihaqi: 3/249 dan Al-Hakim: 2/368. Dimana Ibnu Hajar telah mengomentari hadist tersebut pada Takhrij Al-Adzkar, berdasarkan hadis Hasan mengatakan “Beliau menyatakan dimana hadis ini yaitu hadis yang paling kuat mengenai surat Al-Kahfi).

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Pada Hari Jumat

Berdasarkan riwayat yang Blog Islami jelaskan di atas, kita bisa menyimpulkan beberapa keutamaan surat Al-Kahfi. Dimana ganjaran atau imbalan yang disiapkan untuk orang-orang yang telah membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat, baik di siang hari maupun di malam harinya maka akan dipancarkan cahaya. Dimana cahaya tersebut akan diberikan di hari kiamat kelak, memanjang mulai dari kedua telapak kaki bagian bawah hingga ke ujung langit. Adapun hal tersebut menunjukkan bahwa panjangnya jarak dari cahaya yang telah diberikan kepadanya, sebagaimana firman Allah Ta’ala :

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

“Di hari saat Anda menjumpai orang mukmin baik perempuan maupun laki-laki, sementara cahaya mereka lebih bersinar di bagian kanan mereka.” (QS. Al-Hadid : 12).

Adapun keutamaan surat Al-Kahfi yang kedua untuk orang yang telah membaca Al-Kahfi di hari Jumat yaitu ampunan Perbuatan Dosa yang ada di antara 2 Jumat. Adapun maksud dari pendapat disinari antara 2 Jumat, sebab nurr atau cahaya ketaatan ini menghapuskan semua kegelapan maksiat. Seperti firman Allah Ta’ala:

إن الحسنات يُذْهِبْن السيئات

“Sesungguhnya segala perbuatan baik tersebut akan menghapuskan segala dosa maupun perbuatan-perbuatan buruk.” (QS. Huud :14).

Imam Muslim meriwayatkan dari hadits al-Nawas bin Sam’an, yang di dalam riwayat tersebut Rasulullah SAW bersabda,  “Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.”

Baca Juga : Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Adapun manfaat surat Al-Kahfi berikutnya yaitu untuk dapat menangkal fitnah dari Dajjal. Dimana dengan menghafal dan membaca beberapa ayat pada surat Al-Kahfi. Adapun sebagian riwayat menjelaskan 10 yang pertama, dimana sebagian dari keterangan lagi yaitu sepuluh ayat yang terakhir. Itulah beberapa kesimpulan keutamaan surat Al-Kahfi.