Manfaat Air Zam Zam, Keistimewaan dan Keutamaannya

Manfaat Air Zam Zam untuk kesehatan dan untuk mengobati penyakit. Air Zam-Zam merupakan air yang berasal dari sumur Zam-Zam dengan banyak keutamaannya untuk umat Muslim.

Seperti sabda Rasulullah SAW, berkata di mana Air Zam-Zam merupakan makanan untuk orang-orang yang membutuhkannya serta merupakan obat untuk orang yang sedang sakit. Adapun cara penggunaan air zam0zam sendiri dengan cara di minum lalu menuangkannya tepat di atas kepala. Saat manasik Haji maupun umroh, air Zam-Zam sendiri bisa di minum sesudah sholat ketika di belakang makam Nabi Ibrahim AS. Keistimewaan dan manfaat dari air Zam-Zam tak lain dikarenakan setiap tahunnya air Zam-Zam selalu mendapatkan doa-doa kebaikan bagi para Muslimah yang menjalankan ibadah Haji maupun Umroh.

Dalam sebuah hadits shahih, Nabi Muhammad SAW menyebut air zam-zam,

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.”

Ditambahkan dalam riwayat Abu Daud (Ath Thoyalisiy) bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

وَشِفَاءُ سُقْمٍ

Air zam-zam adalah obat dari rasa sakit (obat penyakit).

Kenapa Air Zam-Zam Memiliki Struktur Molekul Air Paling Sempurna?

Berdasarkan penuturan dari seorang Profesor di Jepang yang bernama Masaru Emoto, yakni peneliti yang berasal dari sebuah universitas Hado Institute yang ada di Tokyo, di mana dalam penelitiannya ia mengungkapkan adanya keanehan dalam sifat air. Berdasarkan pengamatannya dari 2000 contoh kristal air yang difoto dan dikumpulkannya di berbagai pelosok dunia, profesor Emoto menjumpai bahwa partikel dalam molekul air dapat berubah-ubah sesuai perasaan manusia yang ada di sekelilingnya. Di mana secara tak langsung hal tersebut menghubungkan pengaruh perasaan manusia akan klasterisasi dari molekul air terbentuk akibat ikatan hidrogen.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Dr. Emoto sendiri, berkata bahwa air ternyata dapat
“mendengar” pesan kata-kata, dapat “membaca” sebuah tulisan maupun mengerti sebuah pesan. Berdasarkan bukunya yang bertajuk “The Hidden Message in Water” menguraikan di mana air yang bersifat basa dapat merekam pesan, layaknya compact disk atau pita magnetik. Dr. Emoto pun menemukan di mana partikel dalam kristal air akan terlihat lebih “indah” serta “mengagumkan” jika memperoleh reaksi positif yang ada di sekitarnya, seperti kebahagiaan dan kegembiraan.

Akan tetapi partikel dalam kristal air akan terlihat lebih “buruk” serta “tak sedap” jika memperoleh energi negatif yang ada di sekitarnya, misalnya bencana dan kesedihan. Bahkan 2000 lebih foto dari kristal air yang ada dalam buku yang berjudul “Message From Water” sendiri merupakan pembuktian terhadap kesimpulan yang diambilnya. Dengan begitu hal tersebut berpeluang menjadi sebuah terobosan untuk meyakini adanya keajaiban alam.

Prof Dr. Emoto sendiri memberikan kesimpulan di mana partikel air bisa dipengaruhi berdasarkan suara musik, kata-kata dan juga doa-doa yang diucapkan, maupun ditulis serta dicelupkan pada air tersebut. Adapun gambar kristal yang dipaparkan oleh Dr. Emoto sendiri yaitu kristal air dengan pengaruh musik mozart, kristal air pada air dengan bacaan doa-doa yang Islami, kristal air dari pengaruh semua kata positif atau kebajikan, kristal air dengan pemberian ucapan Malaikat, serta kristal air dengan pengaruh musik metal. Dalam hal ini konsentrasi dari pemberi pesan yang semakin tinggi/kuat, maka menciptakan pesan yang semakin dalam pula yang tercetak dalam kristal air itu sendiri.

Adapun kristal air yang paling indah di dunia yaitu Air Zam Zam. Adapun alasannya dikarenakan tiap tahunnya ada banyak manusia hingga jutaan berkumpul untuk menjalankan ibadah haji dengan selalu memanjatkan doa-doa yang baik dengan kata-kata yang positif tanpa henti setiap waktunya. Hal inilah yang menjadikan air Zam-Zam memiliki kristal air paling menakjubkan dan istimewa yang ada di dunia.

Apa Saja Keutamaan dan Keistimewaan dari Air Zam-Zam?

Tak hanya berdasarkan ilmiah saja, Manfaat air Zam Zam sendiri sudah dijelaskan berdasarkan penjelasan dari Rasulullah SAW beserta ulama-ulama yang terdahulu. Meminum dan mengkonsumsi air Zam-Zam merupakan salah satu bentuk amalan ibadah, yang niatnya berdasarkan anjuran dari Rasulullah SAW. Air Zam-Zam akan makruh hukumnya jika dipakai untuk membersihkan atau mencuci najis, maupun membersihkan diri dari hadas besar. Membawa dan mengambil air Zam-Zam untuk pulang ke negara para jamaah haji adalah sunah hukumnya. Bahkan Rasulullah merupakan orang pertama membawa air zam-zam hingga ke luar Mekkah, yakni menuju Madinah.

Air Zam-Zam merupakan air yang tak pernah mengalami kekeringan, walaupun jutaan umat Muslim membawa dan meminumnya tiap hari khususnya ketika ibadah haji. Di samping itu, saat ini menggunakan peralatan canggih, masyarakat yang ada di sekitar Madinah atau Masjid Nabawi berjarak sekitar 450 KM di Mekkah tiap saat mengkonsumsi air Zam-Zam. Ketika Rasulullah SAW melakukan Sa’i, Rasulullah pun mengkonsumsi air Zam-Zam hingga kenyang lalu menyiramkan air Zam-Zam pada kepala Rasulullah. Selain itu, tak sedikit orang membasahi baju ihram dan mengguyurnya lalu direntang dengan tanpa diperas supaya mengering sendiri kemudian dijadikan sebagai kafan jika meninggal suatu nanti.

Sementara keutamaan dari air Zam-Zam sendiri merupakan air surga atau maa’ul Jannah yang artinya adalah ari penuh manfaat dan berkah, layaknya air surga. Air Zam-Zam merupakan nikmat Allah, di mana sebagai nikmat Allah untuk para jamaah agar bisa langsung merasakan kenikmatan air zam-zam yang ada di padang pasir. Air Zam-Zam sebagai pencuci kalbu Rasulullah Saw saat Jibril membasuh kalbu atau hati nabi Muhammad memakai air Zam-Zam. Air ini merupakan air penuh berkah, sebab Rasulullah SAW sendiri sering meminumnya serta tangannya pun penuh berkah dengan mencelupkannya ke dalam sumur Zam-Zam. Air Zam-Zam bisa mengobati penyakit, di mana air ini bisa menyembuhkan penyakit yang sifatnya jasmani maupun batin. Air Zam-Zam bersifat tak pernah mengering sampai kiamat sebab menjadi sebuah bukti kebenaran dan keagungan akan Allah SWT.

Keutamaan Air Zam-Zam Yang Patut diketahui

Sebagai air yang istimewa dan memiliki  banyak keutamaan, tersimpan banyak manfaat air zam-zam diantaranya WEBIslami.com menjelaskan:

1. Sebagai Makanan Mengenyangkan

Air Zam-Zam merupakan makanan mengenyangkan, seperti yang telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadistnya di mana air Zam-Zam sebenarnya merupakan air yang penuh berkah, di mana air ini merupakan makanan mengenyangkan.

2. Air Penuh Berkah

Air Zam-Zam merupakan jenis air sebaik-baiknya yang ada di bumi. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW sendiri di mana sebaik-baiknya jenis air yang ada di bumi yaitu air Zam-Zam. Di mana air ini dapat dijadikan sebagai obat maupun makanan yang sifatnya mengenyangkan. Berdasarkan penjelasan Rasulullah SAW kembali, di mana kita boleh mengambil setiap keberkahan yang ada dalam air tersebut. Setiap orang dianjurkan meminum air ini maupun memerciki air Zam-Zam pada dada, wajah dan kepalanya.

3. Doa Mudah Terkabulkan

Jika seseorang memanjatkan doa saat meminum air Zam-Zam ini, maka doanya akan cepat terkabulkan. Jadi dianjurkan bagi kita semua, saat meminumnya dan meminta kepada sang Maha Pencipta yakni Allah SWT akan kemaslahatan baik di dunia maupun di akhirat.

4. Mengobati Berbagai Penyakit

Keistimewaan air Zam-Zam lainnya adalah dapat mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan sebagian dari ahli fiqih pun menganjurkan supaya berbekal air zam-zam saat pulang dari Mekkah demi menyembuhkan dan mengobati orang-orang sakit. Adapun dalilnya berasal dari Aisyah RA pernah mengambil dan membawa air Zam-Zam pulang pada sebuah botol. Kemudian beliau pun berkata di mana Rasulullah SAW sebelumnya pernah melakukan hal tersebut.

Baca Juga : 14 Bahaya Akibat Makan Mie Instan Tiap Hari

Itulah Manfaat Air Zam Zam, Keistimewaan dan Keutamaannya bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!