Manfaat dan Keutamaan Surat Al Fatihah

Berita Islam – Keutamaan surat Al-Fatihah yang begitu banyak manfaatnya bagi orang-orang yang membacanya. Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Alquran sebagai penutup pintu neraka.

Surat Al Fatihah merupakan salah satu surat yang paling sering dibaca oleh setiap Muslim. Di samping itu, Al-Fatihah merupakan surat yang urutannya paling awal di Al-Quran. Setiap umat Muslim sendiri mengetahui dimana Sholat Fardhu dan sholat Sunnah lainnya tak akan sah bila tak membaca surat Al-Fatihah tersebut. Di samping itu, Rasulullah SAW bersabda :

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ-رواه البخاري

Dari ‘Ubadah bin Ash Shamit Bahwab Nabi Muhammad SAW bersabda ” dimana shalat seseorang tanpa membaca Al-Fatihah maka tak akan diterima Allah SWT”. (HR.Bukhari)

Berdasarkan hadis dan riwayat Nabi Muhammad SAW ini tampak dimana Al Fatihah mempunyai peranan begitu penting sampai membuat sholatnya seseorang tidak akan sah bila lupa membaca surat Al-Fatihah ini.

Manfaat Membaca Surat Al Fatihah

Hadits yang Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, No. 4474 dari Abu Said bin Al-Mualla, “Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

لَأُعَلِّمَنَّكَ سُورَةً هِيَ أَعْظَمُ السُّوَرِ فِي الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ تَخْرُجَ مِنْ الْمَسْجِدِ) ثُمَّ أَخَذَ بِيَدِي فَلَمَّا أَرَادَ أَنْ يَخْرُجَ قُلْتُ لَهُ : أَلَمْ تَقُلْ لَأُعَلِّمَنَّكَ سُورَةً هِيَ أَعْظَمُ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ ؟ قَالَ : (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ، هِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي ، وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِي أُوتِيتُهُ) .

Artinya : “Aku akan ajarkan kepada kamu sebuah surat yang paling utama dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid ini.” Kemudian beliau memegang tanganku. Ketika ingin keluar (mesjid) saya katakan kepada beliau, “Tidakkah engkau mengatakan kepada aku akan mengajarkan kepadaku surat yang paling agung dalam Al-Qur’an?” Beliau menjawab, “Al-Hamdulillahi rabbil’alamin (Al-Fatihah), dia adalah As-Sab’ul Matsani (tujuh ayat yang diulang-ulang) dan Al-Qur’anul Azim yang diberikannya.” (H.R.  Imam Bukhari, No. 4474)

Dalam hal ini, Rasulullah SAW sendiri mengajarkan tentang keutamaan surat Al-Fatihah. Dimana surat Al-Fatihah menurut Rasulullah SAW merupakan surat paling agung semua surat di Al-Quran, dan beliau pun ingin mengajarkannya kepada Abu Sa’id. Abu Sa’id pun menyetujui dirinya diajarkan oleh Rasulullah SAW. Menurut Al-Imam Ibnu At-tin sendiri berkata dimana maksud dan tujuan mengapa Nabi Muhammad SAW berkata bahwa Al-Fatihah mempunyai keistimewaan yang lebih banyak daripada surat-surat lainnya di Al-Quran.

Ada beberapa manfaat dan keutamaan surat Al-Fatihah sendiri, diantaranya semua dosanya di dunia akan diampuni, kebaikan orang yang membacanya akan diterima Allah SWT, lidah orang-orang yang membaca akan terhindar dari panasnya api neraka jahanam dan terhindar dari kemurkaan Allah. Selain itu, fadillah Al-Fatihah ini juga bisa berjumpa bersama Allah SWT, terbebas dari siksa kubur, bisa memberikan keamanan bagi seseorang terhadap berbagai hal terkecuali dari kematian, memperoleh derajat lebih tinggi, terbebas dari yang namanya kefakiran dan menyedekahkan emas pada jalan Allah. Adapun fadilah selanjutnya yakni, menutup pintu neraka untuk orang yang membacanya, dan keutamaan lainnya adalah seolah-olah orang yang membacanya sudah membaca kitab taurat, injil, quran, zabur, suhuf Idris dan suhuf Ibrahim hingga 7 kali.

Setiap orang yang membaca surat Al-Fatihah hingga 70 kali tiap hari dengan berwudhu maka ditiupkan air lalu diminum hingga 7 hari. Maka InshaAllah dipermudah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta bisa mengontrol pikiran dan hati dari segala hal yang negatif atau merusak. Dengan mengamalkan surat Al-Fatihah ketika akan tidur, disertai membaca surat An-Naas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas maka InshaAllah hatinya akan mendapatkan ketentraman serta dijauhkan dari semua gangguan jin maupun setan. Dengan membaca surat Al-Fatihah hingga 20 kali sehabis melaksanakan shalat fardhu maka Insha Allah akan mendapatkan kelancaran rejeki, memiliki derajat atau pangkat yang baik di masyarakat serta mendapatkan akhlak yang baik. Selain itu, Allah akan mempermudah semua urusan hidupnya, serta keluarganya pun akan memperoleh perlindungan dari Allah SWT.

Keutamaan Membaca Surat Al-Fatihah

Keutamaan surat Al-Fatihah lainnya, adalah ketika surat Al-Fatihah ini sering kali dipakai saat akan melaksanakan ruqyah untuk seseorang. Akan tetapi, ternyata di zaman Rasulullah sendiri penggunaannya agak berbeda. Surat Al-Fatihah pernah dibacakan saat para sahabat dari Rasul hendak mengobati seseorang yang telah disengat oleh kalajengking, dengan begitu hal tersebut inilah yang menerangkan manfaat dari surat Al-Fatihah yang bertujuan untuk pengasihan di masa itu. Sebab atas izin Allah SWT dimana orang yang tersengat kalajengking tersebut akan sembuh sesaat sesudah dibacakan Al-Fatihah.

Adapun alasan lainnya dimana seorang Muslim dianjurkan untuk membaca Al-Fatihah di sepanjang hidupnya dikarenakan surat Al-Fatihah ini mempunyai banyak petunjuk secara langsung ditujukan umat Muslim untuk melancarkan segala urusan mereka. Adapun hal tersebut diperoleh lewat pengkajian yang mendalam pada surat Al-Fatihah ini secara khusus. Di samping itu karena ini pula banyak sekali para ulama yang sudah menerbitkan kitab khusus yang membahas hal tersebut, sebab ternyata ada banyak sekali yang dapat diambil pada surat Al-Fatihah ini. Melalui penjelasan di atas tentang manfaat dan keutamaan surat Al-Fatihah dapat di simpulkan dimana surat Al-Fatihah ini memiliki khasiat yang begitu banyak bagi orang-orang yang membacakannya.

Baca Juga : Doa Minta Jodoh dan Doa Agar Cepat Hamil. Terima Kasih