Niat dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah – Bagi Anda yang sedang mencari tahu mengenai Keutamaan Puasa Dzulhijjah dan Niatnya Secara Lengkap, simak uraian berikut. Puasa Dzulhijjah adalah puasa yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah, puasa ini bukan puasa wajib. Puasa Dzulhijjah dilaksanakan pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, yaitu mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 10. 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah adalah hari paling mulia, ada banyak keutamaan di dalam hari tersebut. Bagi Anda yang mengerjakan puasa atau amalan saleh lain di hari tersebut maka akan mendapatkan berkahnya.

Dalam hadits riwayat Al-Bukhari disebutkan bahwa tidak ada amalan saleh yang lebih disukai Allah dibanding amalan saleh yang dilakukan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Hadits riwayat Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda :

مَا الْعَمَلُ فيِ أَيَّامٍ أَفْضَلُ مِنْهَا فيِ هذَا الْعَشْرِ، قَالُوْا وَلاَ الْجِهَادُ؟ قَالَ: وَلاَ الْجِهَادُ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ بِشَيْءٍ

Artinya : “Tidaklah ada amalan yang dilakukan pada hari-hari lain yang lebih baik daripada yang dilakukan pada 10 (sepuluh) hari ini.” Para sahabat bertanya lagi, “Tidaklah pula dengan jihad?” Beliau menjawab, “Tidak pula jihad, kecuali seorang lelaki yang keluar dengan jiwa dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan membawa apapun.” [HR. Al-Bukhari (969).

Langsung saja, ini dia keutamaan puasa Dzulhijjah yang dapat Anda ketahui menurut Blog Islami:

1. 1 Dzulhijjah

Bagi Anda yang mengerjakan puasa pada tanggal 1 Dzulhijjah maka akan diampuni dosanya.

2. 2 Dzulhijjah

Siapa saja yang mengerjakan puasa Dzulhijjah pada tanggal 2 Dzulhijjah maka akan mendapatkan ganjaran. Ganjaran tersebut yaitu sebagaimana ganjaran orang yang berpuasa selama 1 tahun tanpa melakukan maksiat.

3. 3 Dzulhijjah

Pada hari itu, siapa saja yang mengerjakan puasa maka Allah akan mengabulkan doa-doanya.

4. 4 Dzulhijjah

Bagi siapa yang mengerjakan puasa Dzulhijjah pada hari itu maka Allah akan menghilangkan kesusahan, fakir dan melarat. Serta kelak di hari akhir akan dikumpulkan bersama orang mulia, baik dan terhormat.

5. 5 Dzulhijjah

Keutamaan puasa Dzulhijjah pada hari itu yaitu akan dilepaskan sifat munafik dan juga siksa kubur darinya.

6. 6 Dzulhijjah

Bagi Anda yang mengerjakan puasa Dzulhijjah pada hari tersebut maka akan diberikan rahmat untuknya. Serta mendapatkan kasih sayang dan juga tidak akan diberikan azab untuknya.

7. 7 Dzulhijjah

Keutamaan puasa Dzulhijjah menurut Sunnah dalam Islam pada hari tersebut yaitu akan dihindarkan 30 pintu kemelaratan untuknya. Serta akan dibukakan 30 pintu kemudahan baginya oleh Allah SWT.

8. 8 Dzulhijjah

Pada hari tersebut, bagi Anda yang mengerjakan puasa Dzulhijjah maka akan mendapatkan pahala yang tidak terhingga.

9. 9 Dzulhijjah

Dalam Fiqh Ibadah, Pada hari tersebut bagi siapa saja yang berpuasa Dzulhijjah maka Allah akan mengampuni dosanya selama 1 tahun yang lalu dan 1 tahun sekarang.

10. 10 Dzulhijjah

Keutamaan puasa Dzulhijjah menurut Sunnah Rasulullah SAW hanya akan Anda peroleh mulai dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah saja. Pada tanggal 10 Dzulhijjah diharamkan bagi Anda berpuasa pada hari tersebut karena merupakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban.

Sama halnya dengan Puasa Senin Kamis dan Puasa Rajab.  Puasa Dzulhijjah adalah puasa yang sangat dianjurkan bagi Anda umat Muslim yang tidak mengerjakan ibadah haji. Ibadah haji adalah ibadah yang diwajibkan bagi setiap umat Muslim yang mampu, baik secara materi ataupun fisik. Sementara bagi Anda yang tidak mampu maka tidak diwajibkan untuk mengerjakan ibadah haji. Namun bagi Anda yang tidak mengerjakan ibadah haji maka dianjurkan untuk mengerjakan puasa Dzulhijjah. Puasa sunah tersebut dapat dikerjakan mulai dari tanggal 1 hingga tanggal 9 Dzulhijjah. Sementara bagi jamaah haji tidak dianjurkan untuk mengerjakannya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan keutamaan puasa Dzulhijjah, Anda dapat mengerjakan puasa Dzulhijjah. Untuk niatnya sendiri yaitu:

Niat Puasa Arafah Tanggal 1 – 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJATI SUNNATAN LILLAHI TA’AALA”

Artinya: “Aku berniat puasa sunah di bulan Dzulhijjah karena Allah ta’ala”

Niat tersebut adalah niat puasa Dzulhijjah yang dikerjakan pada tanggal 1 hingga tanggal 7 Dzulhijjah.

Niat Puasa Arafah Tanggal 8 Dzulhijjah

Sementara niat puasa tanggal 8 Dzulhijjah yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAHI TA’AALA”

Artinya: “Aku berniat puasa sunah tarwiyah karena Allah ta’ala”

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

Sedangkan niat puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SHAUMA ‘AROFATA SUNNATAN LILLAHI TA’AALA”

Artinya: “Aku berniat puasa sunah arafah karena Allah ta’ala”

Puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah juga dikenal sebagai Puasa Arafah. Bagi Anda yang ingin mengerjakan puasa Dzulhijjah dan mendapatkan keutamaan puasa Dzulhijjah tersebut, niatlah karena Allah ta’ala. Puasa sunah tersebut diawali dengan niat, Anda dapat melafalkan niat tersebut. Akan tetapi sebenarnya melafalkan niat hukumnya adalah sunah, sementara niat lebih baik diucapkan di dalam hati. Kerjakanlah puasa sunah di bulan Dzulhijjah, sebenarnya bulan Dzulhijjah termasuk salah satu bulan istimewa. Di mana ada banyak keutamaan bagi Anda yang mengerjakan amalan saleh di bulan istimewa tersebut.

Baca Juga : Doa Keluar Rumah dan Doa Ketenangan Hati

Salah satu keutamaan mengerjakan amalan saleh di bulan Dzulhijjah yaitu akan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Selain itu, pahala juga akan dilipatgandakan dan masih ada banyak lagi keutamaan bulan Dzulhijjah. Seperti yang sudah disebutkan, hari yang paling mulia adalah 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah. Jadi perbanyaklah mengerjakan amalan saleh pada hari tersebut untuk mendapatkan ganjarannya. Salah satunya yaitu mengerjakan puasa Dzulhijjah yang memiliki banyak keutamaan. Ada banyak keutamaan puasa Dzulhijjah bagi Anda yang mengerjakan puasa Dzulhijjah karena Allah SWT.