Niat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Tahukah Anda apa saja Keutamaan Puasa Senin Kamis? Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan puasa Senin Kamis. Puasa ini adalah puasa sunah yang dikerjakan di hari Senin dan hari Kamis, oleh sebab itu disebut dengan puasa Senin Kamis. Hari Senin dan hari Kamis adalah hari spesial di mana di dalamnya terdapat banyak keistimewaan. Sesuai dengan sabda Rasul bahwa pada 2 hari tersebut Allah SWT mengampuni dosa setiap Muslim yang mengerjakan amal kebaikan, termasuk puasa Senin Kamis.

Nabi Muhammad SAW sendiri dikenal paling banyak mengerjakan puasa sunah Senin Kamis. Hukum puasa Senin Kamis dalam Islam memang sunah, namun ada banyak keistimewaan dari puasa sunah ini. Bagi setiap Muslim yang mengerjakan puasa Senin Kamis maka akan diberikan pahala secara langsung untuknya. Sesuai dengan hadits Qudsi di mana puasa tersebut adalah puasa milik Allah dan Allah SWT yang akan membalasnya. Kebaikan tersebut akan dilipatgandakan hingga 10 kali lipat, ini menjadi salah satu dari keutamaan puasa Senin Kamis.

Tidak hanya puasa wajib saja, puasa sunah termasuk puasa Senin Kamis akan mendapatkan pahala dan balasan dari Allah SWT. Keistimewaan lain puasa Senin Kamis yaitu para malaikat akan memeriksa segala amal perbuatan manusia.

Dalam Kitab I’anatut Thalibin sebagai sebuah kitab rujukan bagi syafiiyah di Indonesia, Imam Abu Bakr ad-Dimyathi As-Syafii juga menegaskan :

أن النية في القلب لا باللفظ، فتكلف اللفظ أمر لا يحتاج إليه

Artinya : “Sesungguhnya niat itu di hati bukan dengan diucapkan. Memaksakan diri dengan mengucapkan niat, termasuk perbuatan yang tidak butuh dilakukan.” (I’anatut Thalibin, 1:65).

Niat puasa Senin Kamis sendiri yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA”

Artinya: “Aku niat puasa sunah hari Senin karena Allah ta’ala”

Niat tersebut dapat Anda lafalkan ketika ingin berpuasa sunah di hari Senin. Sementara jika ingin berpuasa di hari Kamis maka niatnya adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA”

Artinya: “Aku niat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta’ala”

Itulah niat puasa sunah Senin Kamis yang dapat Anda lafalkan ketika ingin mengerjakan puasa Senin Kamis. Untuk keutamaan puasa Senin Kamis sendiri, di antaranya Blog Islami menjelaskan antara lain, yaitu:

1. Mendapatkan pahala

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, siapa saja yang mengerjakan puasa Senin Kamis maka akan mendapatkan pahala secara langsung dari Allah SWT.

2. Mendapatkan surga

Surga adalah balasan untuk setiap umat Muslim yang beriman, beramal saleh dan bertakwa. Salah satu amalan saleh yaitu puasa Senin Kamis, maka siapa saja yang senantiasa mengerjakannya akan mendapatkan balasan surga.

3. Terhindar dari api neraka

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu bentuk ibadah yang istimewa di mata Allah SWT. Siapa saja yang mengerjakan puasa sunah ini maka akan mendapatkan ganjaran atas usahanya sebagai makhluk-Nya yang bertakwa.

4. Penolong di hari kiamat

Salah satu keutamaan puasa Senin Kamis yaitu dapat menjadi penolong di hari kiamat. Umat Muslim yang bertakwa dan beramal saleh akan mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Siapa saja yang mengerjakan puasa Senin Kamis maka akan semakin dekat dirinya kepada Allah SWT.

Puasa Senin Kamis memang ibadah yang hukumnya adalah sunah, yaitu mendapatkan pahala jika dikerjakan. Namun tidak akan mendapatkan dosa jika ditinggalkan, jadi ibadah ini tidak wajib dilakukan. Akan tetapi, puasa Senin Kamis bukan hanya bentuk dari ibadah atau berbuat saleh saja. Mengerjakan puasa Senin Kamis ternyata memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan membiasakan diri untuk berpuasa, tubuh akan menjadi lebih sehat dan terdapat adanya peningkatan kecerdasan bagi orang tersebut.

Manfaat bagi kesehatan dan mental tersebut tentunya termasuk menjadi salah satu keutamaan puasa Senin Kamis. Bagi Anda yang senantiasa mengerjakan puasa Senin Kamis maka tubuh Anda akan lebih sehat dan bugar. Racun di dalam tubuh Anda akan keluar jika Anda rutin mengerjakan puasa Senin Kamis. Puasa Senin Kamis juga baik untuk memberikan istirahat bagi organ pencernaan dan menurunkan kadar lemak. Untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat puasa Senin Kamis tersebut, biasakan diri Anda untuk puasa sunah di hari Senin dan Kamis.

Jika Anda sudah terbiasa mengerjakan puasa Senin Kamis, Anda akan mulai merasakan perbedaan pada tubuh Anda. Terlepas dari manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan dan mental tersebut, puasa ini merupakan salah satu puasa sunah yang istimewa. Seperti yang sudah disebutkan, dengan mengerjakan puasa sunah ini maka akan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Jika Anda ingin mengerjakan puasa Senin Kamis, Anda dapat melafalkan niat secara lisan. Namun akan lebih afdol jika Anda mengucapkan niatnya di dalam hati.

Baca Juga : Doa Minum Air Zam Zam dan Doa Bercermin

Demikian ulasan mengenai Niat, Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis dalam Islam.