Perbuatan Yang Dilarang dan Diperbolehkan Dalam Masjid

Suara Islam – Seorang muslim hendaknya juga harus menjaga perilakunya. Dalam beberapa hadis sudah dijelaskan apa saja yang boleh dilakukan di dalam masjid dan apa saja yang boleh di lakukan di dalam masjid. Perilaku yang diperbolehkan di dalam masjid di antaranya yaitu:

1. Boleh makan dan minum

Di dalam masjid diperbolehkan untuk makan dan minum tapi disarankan jika ingin makan atau minum di dalam masjid harus rapi dan tidak mengotori masjid. Selain itu, makan dan minumlah yang tidak berbau menyengat.

2. Boleh mengenakan sandal untuk masuk ke masjid

Banyak ulama yang berpendapat bahwa mengenakan sandal ketika masuk ke dalam pekarangan masjid itu tidak boleh. Sebenarnya masuk masjid boleh mengenakan masjid tapi ketika mau beribadah sandal harus dilepas. Pastikan juga jika sandal yang dikenakan harus bersih dan suci.

3. Boleh tidur di masjid

Di masjid juga diperbolehkan untuk tidur. Tidur di masjid tidak berdosa karena tidur juga merupakan salah satu ibadah apalagi tidurnya orang yang sedang berpuasa. Yang terpenting ketika tidur di masjid harus tenang dan tidak boleh mengotori masjid apalagi sampai bermimpi basah. Jika orang yang tidur di masjid bermimpi basah maka harus segera keluar dari masjid.

Sedangkan perbuatan yang dilarang ketika berada di dalam masjid yaitu:

1. Dilarang menghias masjid secara berlebihan

Menghias masjid sebenarnya diperbolehkan, asalkan jangan terlalu berlebihan. Masjid sebaiknya dibuat sederhana jangan terlalu berlebihan.

2. Dilarang berjualan di dalam masjid

Rasulullah SAW melarang orang Muslim melakukan transaksi di dalam masjid, jika ingin bertransaksi sebaiknya dilakukan di luar masjid.

3. Dilarang mencari barang hilang di masjid

Masjid bukanlah tempat untuk orang mencari barang hilang, jadi siapa saja yang mencari barang di masjid tidak diperbolehkan. Apalagi jika mengumumkan barang hilang melalui speaker masjid.

4. Dilarang berteriak-teriak di masjid

Masjid adalah tempat untuk beribadah dan menyembah Allah, sehingga di dalam masjid sangat dilarang untuk berteriak-teriak dan mengganggu ketenangan di dalam masjid. Hendaknya siapa pun yang ada di dalam masjid harus menjaga ketenangan dan kedamaian.

5. Dilarang melawati depan orang yang sedang shalat

Melewati orang yang sedang shalat di dalam masjid sangat dilarang. Maka dari itu, sebaiknya lewatlah di belakang orang yang sedang salat. Jika memang tidak ada tempat untuk lewat, sebaiknya menunggu sampai orang tersebut selesai salat.

6. Dilarang meludah di dalam masjid

Meludah merupakan salah satu cara membuang air liur yang berlebih di dalam mulut dan ludah termasuk salah satu hadas kecil. Jadi, sangat dilarang jika seseorang meludah di dalam masjid.

Baca Juga : Doa Untuk Anak dan Doa Yang Didengar

Berbagai larangan ini harus ditaati oleh setiap umat Islam yang hendak memasuki masjid. Hendaknya setiap Muslim harus memuliakan masjid dan mengagungkan masjid sebagai tempat ibadah yang suci. Siapa saja yang melanggar aturan-aturan ketika di dalam masjid ini wajib diingatkan dan ditegur bahwa perbuatannya tidak sepatutnya dilakukan di dalam masjid. Ingatkan saudara-saudara sesama Muslim untuk membaca Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid agar setiap ibadah yang dilakukannya di dalam masjid mendapat pahala yang lebih banyak dari Allah SWT