Waktu Sholat Istikharah Terbaik Untuk Meminta Petunjuk Allah SWT

Sebagai seorang Muslim tentu kita tahu bahwa setiap perjalanan hidup kita di dunia ini telah di atur sedemikian rupa oleh Allah SWT. Allah telah menuliskan skenario kehidupan kita dan diberikan pedoman agar kita tetap berada di dalam jalan yang lurus. Allah SWT juga memberikan kita akal dan pikiran agar tetap berpikir rasional dan logis agar mampu mencerna setiap hikmah yang terjadi dalam setiap hidup kita. Untuk itulah kita juga perlu melibatkan Allah dalam setiap persoalan hidup kita, salah satunya dengan melakukan sholat di waktu sholat istikharah.

Sholat istikharah? Apakah sholat istikharah itu? Dalam perjalanan hidup kita pasti kita pernah dihadapkan dalam berbagai pilihan yang sulit bukan. Bahkan tak jarang menurut akal dan logika kita beberapa pilihan tersebut baik adanya. Misalnya ketika untuk memutuskan menikah yang taruhannya adalah seumur hidup kita. Tentu kita akan berpikir secara benar dan matang agar pilihan untuk menikah merupakan pilihan yang tepat, bersama dengan orang yang tepat serta mendapatkan ridho tidak hanya dari kedua orang tua namun juga dari Allah SWT.

Dalil-Dalil Keutamaan Sholat Istikharah

Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam bersabda:

مَا خَـــــــابَ مَنْ اِسْــــتَــــخَارَ وَلَا نَدَمَ مَنْ اِسْتَشَارَ وَلَا عَالَ مَنْ اِقْتَصَدَ.

Artinya : Orang yang selalu melaksanakan sholat istikharah, maka tidak akan kecewa, dan orang yang selalu bermusyawarah tidak akan menyesal, dan orang yang hemat tidak akan mengalami kekurangan dalam kehidupannya. (hadits diriwayatkan oleh: Sahabat Anas bin Malik R.A.)

Disebutkan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin bahwa sebagian dari orang ahli hikmah berkata:

مَنْ أُعْطِيَ أَرْبَعًا لَمْ يُمْنَعْ أَرْبَعًا مَنْ أُعْطِيَ الشُّكْـــــرَ لَــــــمْ يُمْنَعِ الْمَزِيْدَ وَمَنْ أُعْــــــطِيَ التَّوْبَــــةَ لَمْ يُمْــــنَعِ الْقَبُوْلُ وَمَنْ أُعْطِيَ الْاِسْتِخَارَةَ لَمْ يُمْنَعِ الْخَيْرَ وَمَنْ أُعْطِيَ الْمَشُوْرَةَ لَمْ يُمْنَعِ الصَّوَابَ.

Artinya : Si Barang siapa yang diberi taufik dan hidayah oleh Allah SWT untuk bisa melakukan empat (4) perkara, maka dipastikan dia akan di anugerahi-NYA empat perkara.

  1. Barang siapa yang telah diberi taufik dan hidayah bisa bersyukur kepada Allah, maka ia akan dipastikan untuk ditambah nikmatnya.
  2. Barang siapa yang telah diberi taufik dan hidayah bisa bertaubat kepada Allah, maka akan dipastikan untuk diterima taubatnya.
  3. Barang siapa yang telah diberi taufik dan hidayah untuk bisa melakukan sholat istikharah kepada Allah, pasti akan mendapatkan yang terbaik baginya.
  4. Barang siapa yang telah diberi taufik dan hidayah untuk bermusyawarah dalam berbagai macam urusannya, maka dipastikan akan berhasil sesuai tujuannya

Web Islami Mengatakan Bahwa Contoh yang lain adalah ketika kita melamar pekerjaan, setelah tidak ada kabar berita muncullah sebuah kabar bahwa kita diterima bekerja. Bukan hanya satu tawaran namun ada beberapa tawaran yang pastinya membuat kita bingung. Secara akal dan logika ada kecenderungan untuk memilih satu pekerjaan, akan tetapi alangkah lebih baik jika kita tetap melibatkan Allah SWT dalam mengambil keputusan. Bukankah pintu rezeki yang terbuka tersebut adalah campur tangan Allah SWT. Oleh karena itu, sebaiknya kita meminta petunjuk kepada Allah SWT pilihan yang terbaik menurutNya untuk kebaikan kehidupan kita.

Salah satu cara untuk meminta petunjuk tersebut adalah dengan melaksanakan sholat istikharah. Tidak ada batasan masalah yang dijadikan patokan, contoh kasus diatas adalah beberapa contoh kasus yang kerap melanda kehidupan kita. Sholat istikharah sendiri merupakan sholat untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT ketika kita dihadapkan atas beberapa pilihan, dimana hati kita ragu-ragu untuk menjalaninya. Atau sholat istikharah juga dilakukan ketika kita ingin menjalankan sebuah keputusan besar, meminta kepada Allah SWT untuk memantapkan hati kita dan meridhoi keputusan yang kita ambil.

Nah, kapan waktu sholat istikharah yang tepat? Pelaksanaan waktu untuk sholat istikharah tidak dibatasi oleh waktu. Anda bisa melakukannya kapan saja akan tetapi lebih baik jika Anda melakukan sholat istikharah pada sepertiga malam terakhir. Mengapa demikian? Karena pada saat tersebut merupakan salah satu waktu dimana doa banyak di ijabah oleh Allah SWT. Sepertiga malam terakhir merupakan salah satu waktu berdoa yang paling mustajab. Anda bisa meminta kepada Allah SWT dengan hati yang tulus ikhlas untuk diberikan petunjuk akan beberapa pilihan dimana Anda ragu-ragu, atau memantapkan hati Anda akan sebuah keputusan.

Waktu sholat istikharah di saat sepertiga malam, bisa Anda kerjakan bersamaan dengan sholat tahajud. Anda bisa melakukan sholat tahajud terlebih dahulu, kemudian Anda bisa melaksanakan sholat istikharah. Anda bisa mengucapkan niat untuk sholat istikharah kepada Allah SWT dan melakukan sholat sebagaimana Anda sholat seperti biasa. Dengan membaca Al fatihah dilanjutkan dengan membaca ayat pendek. Untuk jumlah sholat istikharah Anda bisa melakukan minimal sebanyak 2 rakaat dan maksimal sebanyak 12 rakaat dengan enam kali salam. Anda bisa melakukan sholat istikharah semampu yang bisa Anda kerjakan.

Setelah mengerjakan sholat istikharah sebaiknya Anda jangan beranjak dulu dari sajadah. Anda bisa mengucapkan zikir, shalawat nabi dan dilanjutkan dengan doa istikharah. Atau Anda bisa memanjatkan doa dengan bahasa Anda sendiri dimana Anda meminta petunjuk kepada Allah SWT atas pilihan yang tengah Anda hadapi. Mintalah sebuah pilihan yang akan membawa kebaikan bagi Anda untuk kehidupan dan agama Anda. Anda bisa meminta untuk dijauhkan dari segala pilihan yang akan membawa pengaruh buruk bagi hidup dan agama Anda. Berdoalah dengan hati yang tulus ikhlas kepada Allah SWT.

Baca Juga : Syarat Sah Nikah dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Setelah Anda mengerjakan sholat di waktu sholat istikharah yang tepat selanjutnya pasrahkan dan serahkan kepada Allah SWT. Niscaya Allah SWT akan memberikan jawaban dan petunjuk yang terbaik untuk Anda. Dengan melibatkan Allah SWT dalam setiap kehidupan kita, niscaya hidup kita pun akan menjadi lebih baik karena telah mendapatkan ridho Allah SWT.